07

Trik Memilih Parfum yang Tepat

Bingung memilih parfum yang wanginya sesuai selera? Wajar, karena wewangian parfum banyak sekali macamnya. Semuanya menggoda indra pencium. Jangan galau, ada trik memilih parfum agar mendapat yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

Parfum yang paling sesuai artinya, jika bereaksi dengan aroma badan tidak menghasilkan bau yang mengganggu. Untuk wanita, umumnya lebih cocok dengan wangi buah atau bunga karena ketika bereaksi dengan aroma tubuh akan menghasilkan wangi yang pas.

Rempah juga cocok untuk pria dan banyak penyukanya. Namun lebih pas saat memasuki usia lebih dewasa. Karena seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar apokrin tidak terlalu aktif, sehingga reaksi antara wangi rempah yang kuat dan zat yang dikeluarkan apokrin akan minim. Dengan begitu, aroma yang keluar tidak akan mengganggu.

Yang pasti, memilih parfum hanya karena bentuk botol yang unik kurang disarankan. Menurut Fragrance Foundation, organisasi nirlaba yang menaungi para profesional di bidang wewangian, cara terbaik untuk mengetahui apakah wangi parfum yang Anda pilih sesuai, adalah dengan mencobanya di kulit.

Namun sebelum mencobanya di kulit, Anda bisa menciumnya pada kertas khusus yang disediakan. Ini penting sebagai seleksi pertama dalam menentukan keharuman yang Anda suka dari begitu banyak parfum yang ditawarkan. Setelah memilih beberapa yang disukai, ikuti langkah ini.

Semprotkan di kulit. Selesai memilih beberapa keharuman yang menarik hati melalui kertas khusus, cobalahsemprotkan masing-masing parfum pada kulit. Tapi pada bagian yang berbeda-beda, misalnya di sekitar tangan.

Batasi. Jangan mencoba lebih dari tiga wewangian yang berbeda dalam satu kesempatan. Karena akan membuat hidung Anda menjadi bingung dan sulit membedakan antara wangi yang satu dengan lainnya.

Beri jeda waktu. Setelah menyemprotkan pada kulit, biarkan wanginya melebur dengan suhu tubuh. Anda bisa berjalan-jalan ke area lain yang bebas dari wewangian selama kurang lebih 15 menit. Misalnya, ke konter tas atau sepatu.

Cium kembali. Sehabis berjalan-jalan, cium kembali wewangian yang Anda semprotkan tadi. Pada masa inilah (middle note dan base note) wangi parfum akan muncul.

Nah, hati Anda akan lebih mantap memilih salah satu parfum yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments