foto

Tak Perlu Bingung di Travel Fair

Gelaran pameran wisata marak digelar belakangan ini. Salah satu yang sedang berlangsung  di Jakarta Convention Center hingga hari ini (3/9), adalah Kompas Travel Fair 2017. Tawaran destinasi liburan yang beragam, tiket pesawat yang cukup terjangkau, serta paket-paket komplit wisata, sangat menggiurkan. Bila tak punya rencana matang, Anda bisa ‘tersesat ‘ di sana. Bingung saat berada di keriuhan pameran wisata. Dan akhirnya kedatangan Anda malah menjadi sia-sia.

Yang lebih disayangkan lagi, Anda justru tergiur penawaran yang tidak dibutuhkan. Misalnya, membeli koper baru padahal masih ada 3 koper lama yang masih bagus di rumah. Atau Anda buru-buru memesan paket wisata untuk sekeluarga, padahal Anda belum tahu apakah seluruh anggota keluarga mau dan punya waktu untuk berlibur sesuai tempat dan waktu yang Anda pesan.

Untuk itu, agar kunjungan ke pameran wisata tidak sia-sia, buat persiapan matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melangkah ke pameran wisata.

1/ Susun rencana liburan. Berkunjung ke pameran wisata akan menjadi sia-sia jika Anda tidak memiliki rencana wisata saat liburan. Untuk itu, sebaiknya bahaslah di rumah dengan keluarga mengenai rencana dan tujuan wisata, lama waktu liburan, maskapai yang dipilih, kisaran bujet yang tersedia. Misalnya, Anda sekeluarga ingin berwisata ke Thailand selama seminggu dengan bujet maksimal Rp 8 juta per orang (termasuk tiket pesawat, hotel, transportasi lokal, konsumsi, dan belanja oleh-oleh).

2/ Begitu mengunjungi pameran wisata, fokuslah pada tujuan. Carilah paket-paket wisata yang menawarkan perjalanan ke tempat wisata yang Anda inginkan. Janganlah langsung mengambil paket, lebih baik ambillah sejumlah brosur terlebih dulu. Bandingkanlah satu per satu, teliti setiap detailnya, mulai dari harga, jenis hotel, pesawat, tanggal keberangkatan (high season atau low season), dan keunggulan sejumlah paket lainnya. Sebagai contoh, tiket masuk tempat wisata dan koper khusus untuk tiap anggota tur.

3/ Bertanyalah lebih jauh tentang suatu paket pada perwakilan agen perjalanan wisata. Contoh pertanyaannya bisa hotel yang menjadi tempat menginap, suhu udara di suatu negara tujuan atau lokasi wisata tertentu pada suatu musim, dan jenis transportasi yang disediakan.

4/ Cermatilah seputar biaya lain-lain. Biasanya, paket wisata tidak termasuk dengan biaya pengurusan visa, pajak, dan pembelian di luar paket. Terkadang paket wisata ditawarkan dengan embel-embel “mulai dari”, yang artinya harga paket keseluruhan tentu bisa lebih mahal dibandingkan tarif dasar awal saat penawaran. Anda perlu jeli saat mencermati paket-paket yang ditawarkan dan membandingkan penawaran agen perjalanan wisata dari satu agen travel ke agen travel yang lain.

5/ Manfaatkan promo. Tidak jarang dalam satu pameran wisata, ada diskon khusus untuk pengguna kartu kredit tertentu karena bekerja sama dengan bank terkait. Ada pula paket khusus dengan harga spesial selama pameran saja. Atau ada promo undian untuk pembelanjaan tertentu. Jika tak ingin rugi, segeralah manfaatkan pameran untuk mencari promo-promo khusus. Dalam promo undian, tak semua orang beruntung, tetapi promo lain di luar undian berhadiah bisa Anda manfaatkan. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments