29

Tak Abai Sebelum ke Tempat Gadai

Mendapat bantuan uang secara cepat lewat pegadaian masih diminati. Sebagian kalangan menjadikannya sebagai tempat andalan. Bila Anda berminat, pelajari dulu agar pinjam meminjam tak menambah persoalan.

Salah satu tempat yang ramai dikunjungi orang menjelang Lebaran adalah tempat gadai. PT Pegadaian sendiri telah hadir sejak 1 April 1901 di Sukabumi. Kemudian beranak cabang hingga ke seluruh pelosok tanah air. Saat ini kira-kira sudah 4.322 biro yang telah dibangun, dengan total nasabah mencapai 9,5 juta orang.

Sedang Pusat Pegadaian muncul pertama kali pada 1996 di Surabaya. Setidaknya kini berkembang menjadi 200 perusahaan yang berada di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Surabaya, dan Bali. Ditambah kurang lebih ada 2000 perusahaan gadai yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keduanya menerapkan suku bunga dan biaya yang lebih rendah. Membuat pinjaman terkenal lunak dan tidak memberatkan sama sekali. Faktor kuat yang membedakan dengan sistem yang berlaku di bank. Di samping penyelesaian administrasi yang tidak memakan banyak waktu.

Mudah dan murah. Sesuai slogannya, menyelesaikan masalah tanpa masalah.

Terdaftar di OJK 

Bila memang Anda berkeinginan meminjam uang di pegadaian, pastikan telah tercatat di OJK. Terutama untuk Pusat Pegadaian atau bentuk pegadaian swasta lainnya. Agar kelak saat Anda mendapatkan kesulitan dalam urusan pinjam meminjam, OJK dapat segera mengulurkan bantuan dan campur tangan. Bila tidak tercatat, Anda seolah-olah berdiri sendiri menyelesaikan segalanya. Lebih rumit kan?

Sedang PT Pegadaian sudah dipastikan keamanannya. Karena sebagai BUMN, dia telah otomatis berada di bawah naungan resmi negara.

Jenis barang

Untuk barang berupa emas, berbentuk batang atau perhiasan, hanya diterima oleh PT Pegadaian. Gadai swasta tidak membuka pintu untuk barang yang satu ini. Sedang benda-benda yang lain sama-sama diterima oleh kedua lembaga. Misalnya yang paling banyak digadaikan umumnya meliputi peralatan elektronik, laptop, kendaraan bermotor, sertifikat rumah dan tanah.

Namun, percayakah Anda di beberapa daerah pelosok atau pedusunan sana, masyarakatnya masih banyak menggadaikan perabotan rumah tangga? Barang yang untuk masyarakat kota tidak terlalu tinggi nilainya. Seperti piring makan, gelas, lemari pakaian, dan sejenisnya.

Persyaratan

Syaratnya sangat sederhana. Berupa fotokopi KTP dan membawa barang yang akan dijadikan jaminan. Sertakan surat kepemilikan atau nota pembelian. Mudah kan?

Cara meminjam

Begitu Anda datang, sampaikan tujuan. Petugas akan menyodorkan formulir yang harus Anda isi. Serahkan dan tunggu barang sejenak. Petugas akan kembali memanggil nama Anda dan menjelaskan nilai barang bila dijual ke pasar.

Umumnya pegadaian tidak akan memberi pinjaman melebihi harga pasar. Harga yang lebih rendah menjadi pilihan terakhir untuk total jumlah yang Anda pinjam. Bila setuju, tinggalkan barang beserta surat-suratnya di sana. Lalu Anda dapat membawa pulang dengan uang di tangan.

Pelunasan

Waktu pelunasan rata-rata tidak lebih dari 120 hari. Dapat diangsur tiap bulan atau sesuai kesepakatan. Namun bila Anda tidak mampu menutup hutang di waktu yang telah ditentukan, Anda dapat memperpanjang waktu peminjaman. Pihak pegadaian akan menghubungi bila Anda tiada berkabar. Jika memang benar-benar tidak tertebus, barang akan dilelang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments