08

Tahapan Mewujudkan Resolusi

Tidak mudah mewujudkan resolusi. Ramai dicanangkan di awal tahun, lalu sepi karena berbagai alasan. Padahal, bila sungguh-sungguh tak mustahil bisa jadi kenyataan.

Resolusi bukan sekadar rencana tertulis atau ketetapan hati yang bulat. Resolusi adalah niat mulia untuk meraih sesuatu. Turun berat badan, lebih rajin olahraga, menambah momongan, segera menikah, makin cas cis cus berbahasa asing, bakal sering jalan-jalan, dan sebagainya, menjadi contoh resolusi yang sering dicanangkan untuk setahun ke depan. Butuh usaha yang keras, komitmen, dan dukungan orang-orang di sekitar.

Mulailah dari langkah kecil dan tanamkan keyakinan bahwa Anda bisa meraihnya.

Fokus dan rasional

Buat daftar semua keinginan Anda. Tulis apa saja yang ada dalam angan. Tak perlu ragu dan tak ada kecuali. Setelah semuanya tertuang, rapikan catatan. Agar selalu teringat, tempelkan pada tempat-tempat strategis yang mudah ditemui. Seperti buku harian, pintu kulkas, pintu kamar mandi, dan cermin. Masukkan pula sebagai reminder pada kalender harian di ponsel. Setia mengingatkan kapan saja.

Perlu diingat, keinginan boleh tak terbatas namun bagaimanapun harus dalam radar rasional dan masuk akal. Prioritaskan resolusi yang paling mudah untuk dilaksanakan. Sembari terus menggapai impian dan cita-cita yang lebih rumit.

Target

Proses selalu membutuhkan waktu. Dalam hitungan harian, mingguan, atau bulanan, resolusi harus terealisasi. Sesuaikan dengan kapasitas dan tenaga yang Anda miliki. Mungkin target bisa meleset dari perkiraan dan mundur dari deadline, tapi tetap semuanya Anda yang menentukan. Tetap komitmen untuk berada dalam rencana awal.

Tak ada salahnya minta dukungan dari keluarga, teman, atau orang lain. Mungkin mereka malah kaya pengalaman dan punya strategi yang lebih jitu. Fungsi peran yang tak bisa dikesampingkan guna mempercepat pencapaian target.

Solusi dan hambatan

Kenali faktor-faktor yang memudahkan dan yang menjadi hambatan. Tingkatkan dan optimalkan hal-hal yang menguntungkan dan sebisa mungkin kikis abis masalah yang merugikan. Sebagai contoh, agar di tahun ini bisa sering jalan-jalan sekeluarga, Anda harus menabung. Minta pada pasangan untuk lebih berhemat dan minimkan pengeluaran. Hal serupa bisa Anda lakukan untuk daftar resolusi yang lain.

Mulai dari sekarang

Tak ada hari esok atau lusa. Mulai sekarang juga. Semakin ditunda Anda akan lupa. Mulailah dari langkah sederhana namun bermakna. Satu dua langkah sudah menunjukkan bahwa Anda serius ingin meraih resolusi ketimbang diam saja. Memang tak mudah, tapi jika dilakukan setiap hari, Anda akan terbiasa. Lama-lama tak terasa, dan akhirnya tergapai jua.

Maafkan diri sendiri

Gagal bisa terjadi kapan saja. Terlebih ada begitu banyak faktor tak terduga yang datang begitu saja. Merasa sedih itu wajar, tapi jangan berlarut-larut. Berikan maaf pada diri sendiri. Berikan pula jeda sejenak untuk bisa menata ulang rencana dengan matang dan kembali lagi meraih impian-impian yang sudah berserakan. Bila kelak sudah tercapai, jangan lupa untuk merayakannya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments