22-danny-lo

Suksesnya si Pelawan Arus

Bagi sebuah bisnis, arus atau kemauan pasar menjadi pertimbangan yang sangat penting. Kadang dengan mengikuti arus, sebuah bisnis bisa berjalan lancar. Namun, Danny Lo, President Director PT Jaya Bumi Cakrawala (pengembang proyek Carstensz Residence) dan PT Loista Indonesia, memiliki visi yang berbeda. Perbedaan justru jadi ‘modalnya‘ dalam mengembangkan usaha. Simak kiatnya dalam mengembangkan bisnis.

Pria kelahiran Jambi, hampir 45 tahun lalu ini, mulai berbisnis sejak 12 tahun lalu. Interior adalah bisnis yang pertama kali ia geluti, sejak ia lulus kuliah dari University Technology of Sidney. “Interior berarti kita bicara soal art. Tidak bisa diukur hanya dari materi,“ ujarnya.

Tantangan justru dimulai ketika ia pulang ke Indonesia dan mulai membangun bisnis furnitur. “Saya syok, salah satu produk buatan saya dibilang produk peti sabun,“ kenang Danny. Memang waktu itu selera furnitur kebanyakan orang Indonesia adalah klasik. Sedangkan ia membuat produk yang minimalis. “Saya menentang arus.“ Meski usahanya sempat terpuruk, Danny bisa bangkit lagi dan membuat bisnisnya lebih berkembang. Inilah kiatnya.

Tidak terlena

Setelah Danny menyerah dan mulai mengikuti arus, bisnisnya memang bisa dibilang cukup lancar. Namun Danny mulai merasa kurang tertarik karena ia hanya membuat apa yang diinginkan pasar. “Tidak ada tantangan,“ ujarnya.

Ia pun membuat langkah drastis dan menutup semua distributornya. “Banyak orang bilang saya gila. Karena bisnis saya masih bagus. Tapi kalau saya terus, saya akan terlena dengan keadaan. Akan terbawa arus. Hal tersebut tidak positif bagi perusahaan,“ kenang Danny.

Akhirnya ia pun masuk ke retail shop dengan konsep one stop solution, one stop shopping, one stop living. Konsep barunya ini ternyata terbukti tepat. LO:ISTA diterima baik oleh masyarakat. Dan kini telah memiliki empat showroom di berbagai daerah.

Harus dinamis

Danny selalu membuat konsep-konsep baru yang membedakan produknya dengan yang lain. Dengan berbeda, ia menjadi leader, bukan follower. “Bila Anda menjadi follower, Anda hanya akan mendapat berapa persen dari ‘bakul‘ yang sudah ada. Ibaratnya, satu bakul digerogoti ramai-ramai.“ Sedangkan bila Anda menjadi leader, komunitas market Anda akan terbentuk dengan sendirinya.

Hal tersebut ia terapkan juga kepada proyek propertinya, Carstensz Residence. Dari bentuk bangunannya saja, Carstensz Residence, sudah menarik perhatian. Tidak seperti bangunan apartemen pada umumnya.

Carstensz Residence juga menjadi apartemen dengan konsep modular pertama di Indonesia, yaitu konsumen bisa memilih beberapa unit dengan luas sesuai kebutuhannya, desainnya pun disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Utamakan kepercayaan

Orang akan menilai bisnis Anda. Berkat adanya kepercayaan (trust) orang akan mau berbisnis dengan Anda. Karena itulah Danny selalu memegang teguh kepercayaan rekan bisnis, konsumen, yang diberikan kepadanya.

Pada proyek Carstensz Residence misalnya, pendanaan sudah disiapkan dulu sebelum membangun. Sehingga tidak seratus persen menggunakan dana masyarakat. Dengan begitu, pembangunan dijamin akan terus berjalan hingga selesai.

“Budaya dari keluarga saya adalah seperti itu. Kepercayaan sangat dipegang teguh. Papa (Jerry Hermawan Lo) bilang, Anda mampu, Anda jalan. Tidak mampu, ya jangan jalan. Karena kita membangun bisnis bukan semata-mata bisnis, tapi juga harus berkat. Bisa memberikan berkat itu satu kebanggaan,“ tegas Danny.

Maju bersama karyawan

Menjadi seorang presiden direktur adalah tanggung jawab yang sangat besar. “Saya juga harus memikirkan orang-orang di belakang saya, yaitu karyawan. Karyawan juga perlu berkembang,“ ujar Danny.

Prinsipnya, ketika karyawan berkembang, perusahaan juga ikut berkembang. Karyawan dan perusahaan tumbuh bersama. Karena itu, ia selalu menuntut tim-nya untuk terus berkembang.

Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai Carstensz Residence? Hubungi kantor marketing gallery di nomor: 021 2222 7888/2222 7999/0813 8649 5891. Email: info@carstenzresidence.com. Web: www.carstenszresidence.com

Hadiri juga ground breaking Carstensz Residence, 24 Maret 2018, mulai pk. 10.00. Tempat: Project Carstensz Residence, Jl. Jend. Sudirman no. 1, BSD Paramount Serpong, Tangerang.

Nikmati Festival Kuliner secara cuma-cuma selama acara berlangsung. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan Titi DJ.

Jangan lewatkan penawaran eksklusif, hadiah langsung tanpa diundi, dan berbagai doorprize menarik. (YBI)

 

Foto: Etalase Bintaro/Valent Hartadi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments