19

Sstt…Ini Cara Sukses yang Tak Pernah Diduga

Saat bulan puasa, roda kehidupan kadang bergerak melambat. Anda memilih untuk menahan diri daripada bertindak agresif. Tahukah Anda, langkah tersebut justru bisa membuat Anda lebih sukses? Ya, ada beberapa cara sukses lain yang belum banyak diketahui orang, bahkan banyak yang tidak terduga.

Judith Orloff, MD, asisten profesor psikiatri klinis di UCLA dan penulis buku The Ectasy of Surrender (Harmony) menyebutkan bahwa karena ingin sukses, orang kadang mendorong diri terlalu keras. Berusaha dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan segalanya.

Padahal memaksakan kehendak, bahkan pada diri sendiri akan berdampak buruk. Ia akan membunuh kebahagiaan, bahkan merampas kesempatan Anda untuk berkembang. Sebaliknya sikap mengalah dan lapang dada malah bisa memberikan kebahagiaan dan kesuksesan secara tak terduga.

Empat tip dari Judith ini bisa Anda praktekkan.

  1. Dukung saingan Anda!

Tidak, Anda tidak salah baca. Terus menerus membandingkan diri dengan saingan atau kompetitor Anda hanya menghambat kemenangan diri sendiri. Daripada membenci rekan kerja yang menurut Anda mencuri promosi jabatan, lebih baik doakan mereka.

Berat? Anggap saja ini menambah amalan Anda pada bulan puasa. Kata-kata baik dan positif yang terucap dalam doa Anda akan menciptakan energi positif yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

  1. Istirahat sejenak.

Mumpung puasa, gunakan sedikit waktu di tengah kesibukan bekerja untuk melakukan perenungan atau meditasi singkat yang dapat memperbaharui energi dan semangat.

Caranya, tarik napas dalam-dalam, tutup kedua mata dan bayangkan sesuatu yang dapat menenangkan diri Anda. Fokuskan pikiran pada hal tersebut selama tiga menit, dan rasakan sensasi kedamaian. Biarkan perasaan tersebut menaungi segala aktivitas Anda.

Kita, apalagi pria, sering menolak untuk menangis karena tidak ingin dianggap lemah. Padahal menangis itu sehat dan menyembuhkan. Air mata melepaskan stres, kesedihan, duka, dan kecemasan dari tubuh Anda.

Jadi tak ada salahnya sesekali membiarkan air mata mengalir ketika Anda memang sedang gundah gulana. Menangis bisa melepaskan ketegangan emosional dan tekanan fisik. Ini akan membantu Anda mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan. Sehingga Anda akan lebih mampu untuk meraih kesuksesan.

  1. Biarkan jawaban yang datang kepada Anda.

Terkadang, saat menghadapi masalah, Anda tak membutuhkan banyak gagasan, keyakinan diri, atau analisis lebih lanjut. Biarkan saja mengalir, dan pasrahkan semua pada Sang Pencipta. Daripada berkutat dengan segala macam teori dan kegundahan, coba dengarkan kata hati Anda. Tanpa disadari, mereka sebenarnya dapat membantu menemukan solusi yang sebelumnya jauh di luar pikiran Anda. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments