20

Siap dan Sukses Kuliah di Luar Kota

Menuntut ilmu, terutama di tingkat pendidikan tinggi bisa lebih menantang. Apalagi bila Anda memutuskan kuliah di luar kota. Butuh banyak bekal agar tak gugup tinggal dan belajar di kota lain.

Setiap manusia perlu waktu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ada yang cepat, namun ada pula yang sangat lambat beradaptasi. Persiapan yang kurang matang berbuah tidak sehat pada kehidupan sehari-hari. Terlebih kuliah di luar kota menuntut mahasiswa jauh dari orang tua, hidup mandiri, dan gaya belajar yang berbeda dengan sekolah menengah dulu.

Bukan berarti tak bisa. Ketahui dari sekarang, agar kelak Anda sudah siap segalanya.

Penuhi persyaratan administrasi

Begitu memastikan nama Anda diterima sebagai mahasiswa, yang paling utama adalah selesaikan urusan administrasi. Pembayaran uang kuliah, berbagai jenis fotokopi surat-surat penting, dan lainnya. Tak perlu di tunda, karena sisa waktu yang Anda miliki bisa digunakan untuk melakukan persiapan lainnya.

Sandang, pangan, papan

Temukan dan pastikan di mana Anda akan tinggal. Bersama saudara, mengkontrak sebuah rumah, kos dengan teman-teman, atau tinggal di asrama. Apapun pilihan yang diambil, pastikan Anda nyaman dan bisa belajar dengan baik.

Siapkan pula lembar sandang yang akan digunakan sehari-hari. Sesuaikan dengan iklim setempat nantinya, apakah udara di kota tersebut biasa dingin atau panas. Selain mencegah salah kostum, gunanya juga untuk melindungi diri agar senantiasa sehat.

Tak lupa asupan tubuh yang juga perlu dipikirkan. Sepenuhnya membeli dari luar atau akan berencana memasak bersama teman-teman. Upayakan agar makanan selalu sehat, agar stamina juga selalu positif.

Kantongi nomor penting

Selain mengantongi nomor kontak orang tua, simpan nomor-nomor penting lainnya. Di antaranya nomor saudara yang tinggal satu kota, sahabat atau teman-teman terdekat, nomor rumah sakit, dan lainnya. Bila sewaktu-waktu dihadapkan pada kondisi darurat, tak perlu bingung menghubungi siapa.  

Pelajari mata kuliah

Setelah mendapat silabus mata kuliah yang akan ditempuh, pelajari dengan otodidak. Anda bisa mencari tahu lebih dalam dengan mesin pencari atau buku-buku yang banyak tersedia di perpustakaan. Bawa saja buku-buku sekolah yang kadang masih relevan dengan materi di masal awal kuliah.

Sehat mental dan jasmani

Karena jauh dari keluarga, siapkan fisik dan mental Anda. Jagalah selalu kesehatan dan tak perlu tegang karena akan berpisah. Sedih sah-sah saja, tapi jangan sampai berlarut-larut. Jadikan kesempatan ini untuk mengembangkan diri lebih baik lagi di segala lini.

Berpikir terbuka

Tinggal di kota baru akan bertemu dengan banyak orang baru. Tak mungkin menutup diri dan menolak perubahan yang berbeda dengan latar belakang Anda. Bukan menerima begitu saja, Anda hanya perlu bersikap terbuka dan mau mengerti. Justru dengan perbedaan, Anda dan sesama rekan bisa saling menguatkan dan menaklukan masa kuliah. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments