28

Serba Tahu Gaya Lamongan

Lamongan tak hanya terkenal dengan soto ayamnya. Tahu campurnya juga sudah sangat akrab di lidah banyak orang. Tak sedikit restoran yang menyajikan makanan khas Jawa Timur ini di kota-kota lain. Salah satu yang memiliki rasa otentik tahu campur Lamongan adalah sebuah kedai yang berada di Jalan Veteran.

Tahu Campur Khas Lamongan Cak Trisno, itulah tulisan di sebuah papan berwarna kuning, di depan sebuah warung makan sederhana. Terletak persis di depan RS Suyoto. Anda yang melaju ke arah Bintaro dari Tanah Kusir harus putar balik dulu untuk mencapai kedai ini, karena ada pemisah jalan. Lebih enak memang bila Anda berjalan dari arah Jalan Kesehatan.

Meski sederhana, hanya bangku-bangku dan meja kayu biasa, warung makan ini cukup ramai. Anda bisa mampir sarapan sejenak, karena kedai ini buka mulai pukul 7 pagi. Dan malam pun, menjelang tutup pukul 10, masih banyak pengunjung yang ingin menikmati aneka masakah tahu khas Jawa Timur di sini.

Berbagai menu tahu

Sebagai menu andalan, tahu campur di sini memang tidak mengecewakan. Apalagi bagi orang yang kangen masakan Jawa Timur. Kuah berwarna kecoklatan memiliki aroma dan rasa bumbu petis yang segar, gurih, dan ringan.

Tahu campur.

Daging serta urat sapinya lembut, kenyal-kenyal, manis. Disendok bersama dengan mie kuning, selada, irisan perkedel kentang, dan tahu goreng, makin bikin lidah menari. Tahu gorengnya pun lembut. Sepiring tahu campur tersebut cukup ditebus dengan harga Rp 16.000.

Selain tahu campur, ada pula menu lain khas Jawa Timur, yaitu tahu telor, tahu tek-tek, dan tentu saja soto ayam khas Lamongan. Semua makanan berbahan tahu tersebut memakai petis udang sebagai bumbu utama.

Tahu telor.

Makanan termahal di warung makan ini adalah tahu telor, yaitu Rp 17.000. Kalau ingin memakan lontong, Anda cukup menambah Rp 2 ribu. Dengan harga tak sampai 20 ribu rupiah tersebut, Anda sudah cukup kenyang.

Ditambah lagi, Anda tak perlu menunggu lama untuk menyantap pesanan Anda. Meski ramai pengunjung, pelayan dengan sigap meracik pesanan Anda dari angkringan yang ada di tengah warung.

Tentu ini sangat menolong Anda yang sudah kelaparan. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments