30

Saat Orang Tua Ingin Meminjam Uang

Orang tua tentu tak ingin merepotkan anak. Tetapi kadang orang tua pun perlu bantuan anak, termasuk dalam soal keuangan. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, apalagi bila anak sudah menikah dan mempunyai keluarga sendiri. Mesti ada pembicaraan dan persetujuan dari pasangan.

Bukan tak ingin meminjami, tapi kadang ada kondisi di mana anak tak bisa begitu saja mengabulkan permintaan orang tua. Misalnya kebutuhan rumah tangga sendiri yang belum tercukupi, tidak ada dana yang bisa dipinjamkan, hingga pasangan yang keberatan.

Di lain pihak, tentu Anda ingin menjadi anak atau menantu yang berbakti. Agar kondisi tetap kondusif, pertimbangkan baik-baik permintaan orang tua.

Tak perlu sensitif dengan pasangan

Biar sensitif, tapi jadikan bahan obrolan yang ringan. Mungkin gesekan dan perbedaan pendapat bisa terjadi dengan pasangan. Namun hindari pertengkaran. Bila yang ingin meminjam mertua, akali supaya suami atau istri menjadi jembatan penyampai kesepakatan Anda berdua. Lebih enak, sebab antara orang tua dan anak kandung sudah bisa mengenali karakter komunikasi masing-masing yang bisa lebih diterima.

Primer atau tersier

Sebagai bahan pertimbangan, lihat kembali niat orang tua ingin meminjam uang. Sekadar ingin membeli barang-barang tertentu yang sudah lama diidamkan atau sifatnya sangat mendesak. Sehingga mau tak mau Anda memang harus segera memberikan bantuan. Seperti tiba-tiba orang tua sakit dan membutuhkan biaya untuk operasi dengan segera. Bantuan bisa ditunda jika sekiranya bukan kebutuhan dasar, terlebih request berada di level mewah. Untuk membeli mobil baru atau sekadar merapikan taman di halaman depan, sebagai contohnya.

Siapkan anggaran

Orang tua boleh meminjam, tapi minta pula untuk memberikan tenggang waktu agar Anda bisa memenuhi permintaannya. Langkah tersebut bisa menjadi solusi ampuh bila sekiranya Anda tak memiliki dana untuk piutang sama sekali. Sembari orang tua menunggu, Anda bisa berkesempatan mengumpulkan uang dan akhirnya bisa mewujudkan maksud orang tua.

Minta bantuan saudara

Bingung karena dana tak ada, ketimbang membuat orang tua kecewa, ajak saudara untuk memikirkan keinginan orang tua. Tak perlu ragu, sebab saudara juga berkewajiban untuk berbakti pada orang tua, tidak hanya Anda seorang. Syukuri bila saudara bisa membantu secara finansial, tapi bila tidak tak perlu kecewa. Setidaknya Anda sudah berbagi beban dan siapa tahu saudara dapat memberikan jalan keluar yang lain.

Bila memang tak bisa membantu

Kondisi ideal memang mengabulkan keinginan orang tua, tapi seandainya berbagai upaya telah dilakukan namun tetap gagal untuk memenuhi permintaan orang tua, sampaikan apa adanya. Gunakan bahasa yang santun dan minta doa. Agar di lain waktu anak mampu dan berkesempatan membahagiakan orang tua serta bisa mewujudkan tiap mimpi yang ada. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments