06

Prioritas Kebutuhan Anak Menjelang Mudik

Mudik selalu seru dan ditunggu-tunggu. Tak terkecuali bagi anak-anak. Seperti Anda, mereka pun tak sabar untuk segera bertemu dengan yang dirindu. Karenanya, prioritaskan kebutuhannya agar mudik selalu gembira.

Sejatinya mudik sama saja dengan perjalanan seperti biasa. Layaknya orang sedang menempuh wisata. Bedanya dilakukan saat sedang berpuasa dan terjadi secara massal. Jalanan penuh dengan kendaraan. Baik stasiun, terminal, maupun bandara padat merayap. Perjalanan yang mungkin di hari biasa hanya memerlukan waktu sebentar, harus ditempuh lebih lama.

Kondisi yang berbeda ini belum tentu bisa diterima baik oleh anak. Sebab terkadang ada saja yang memengaruhi mood-nya sehingga menurun. Terutama bagi anak-anak yang tetap menjalani puasa. Bahkan kadang, mudik menyebabkan dia menjadi kelelahan hingga sakit. Agenda yang seharusnya menyenangkan berubah jadi berantakan.

Proaktif harus datang lebih dulu dari orang tua. Minimal untuk menjaga stamina anak berada pada koridor aman. Tetap sehat dan ceria. Karena mudik menyenangkan adalah hak bagi semuanya. Tidak berhenti pada orang dewasa, namun juga penting memprioritaskan kebutuhan anak-anak.

Tas khusus

Hadirkan tas khusus guna menampung kebutuhan anak. Persiapan jika keadaan darurat terjadi. Berisi baju ganti, tisu, diapers, dan peralatan tempur lainnya. Usahakan memiliki ukuran yang mudah dibawa serta mudah buka tutupnya.

Obat

Walau selama ini anak selalu sehat dan baik-baik saja, tak ada salahnya menyertakan obat dalam prioritas kebutuhan. Sebagai langkah antisipasi ketika mendadak anak menunjukkan gejala yang  berbeda seperti biasanya. Seperti pusing dan mual karena terjebak macet, berganti-ganti kendaraan umum, menu makanan yang merangsang alergi, serta kondisi-kondisi yang tak diharapkan.

Bekal makanan

Sertakan makanan dan minuman selama perjalanan. Menu yang cocok di lidah keluarga, sekaligus aman bagi anak-anak. Bila perlu, lengkapi dengan penganan kesukaan. Bukan sekadar bekal untuk penghematan, membawa makanan sendiri merupakan upaya penyelamatan dini kala situasi tidak ideal. Seperti kesulitan membeli makanan dengan segera di tengah jalan yang padat merayap.

Selama di kendaraan

Perhatikan pula kebutuhan ketika berada di kendaraan. Baik kendaraan pribadi maupun umum, seperti kereta api dan pesawat. Orang tua bisa membawa serta selimut dan bantal leher untuk menjamin tidur anak tetap nyaman. Meletakkan benda-benda tertentu didekatnya agar mudah diraih. Di samping tetap memasang sabuk pengaman guna menggaransi keselamatan.

Mainan favorit

Mainan bukan sebatas hiburan bagi anak-anak. Tetapi juga sarana yang sangat membantu orang tua menciptakan suasana yang menyenangkan. Memecah kepenatan yang melanda dan melupakan perubahan situasi yang harus dijalani. Mainan berukuran sedang atau buku dongeng bisa menjadi pilihan. Jika tersedia playground di ruang tunggu, berikan kesempatan pada anak-anak untuk menikmati waktunya, walau hanya sesaat.

Suasana dari orang tua  

Anak juga membutuhkan suasana yang diciptakan orang tua. Jika ekspresi dan tindak tanduk orang tua penuh dengan rasa santai dan bahagia, anak juga ikut terbawa suasana. Begitu pula sebaliknya. Kebutuhan fisik memang sangat penting diperhatikan, namun kebutuhan mental juga tak kalah pentingnya diprioritaskan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments