21

Pilah-pilih Makanan Sebelum Lari

Akhir pekan ini Anda ingin lari bersama komunitas lari, atau lari sendirian? Apapun itu, perhatikan makanan Anda. Pemilihan makanan sebelum lari akan memengaruhi performa lari Anda. Makin maksimal atau malah loyo sebelum mencapai garis finish.

Makanan sangat penting, karena ia berfungsi sebagai bahan bakar Anda saat berolahraga. Ibarat mobil, semakin baik bahan bakar yang dipilih maka ketahanan akan semakin baik. Begitu pula ketika Anda lari. Dengan makanan yang tepat, Anda bisa lari dengan optimal.

Pemilihan makanan ini juga penting agar organ pencernaan Anda nyaman selama atau setelah lari. Karena bukan tak mungkin Anda mengalami gastrointestinal distress (atau dikenal dengan runner’s trots). Yaitu rasa ketidak nyamanan pada organ pencernaan selama atau setelah lari. Hal tersebut bisa dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi 24 jam sebelum lari.

Inilah beberapa makanan yang bisa memberikan tenaga yang cukup saat lari, namun tidak akan membuat Anda terkena masalah pencernaan.

Karbohidrat sederhana

Yang termasuk kategori ini adalah makanan yang sudah diproses, seperti pasta biasa, nasi putih, dan roti tawar. Memang makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dari segi kandungan nutrisi kurang baik dibanding biji-bijian utuh dan makanan yang belum diproses.

Namun makanan yang mengandung karbohidrat sederhana lebih mudah dicerna oleh perut karena biji utuhnya sudah dipecah. Roti tawar dengan selai kacang dan segelas air merupakan pilihan yang aman sebelum lari jarak jauh.

Buah dan sayur rendah serat

Bila memang Anda ingin mengonsumsi buah atau sayur sebelum lari, pilihlah yang rendah serat seperti zukini, tomat, anggur, dan grapefruit.

Susu yang aman

Beberapa orang memiliki masalah lactose intolerance, yaitu gangguan pencernaan karena protein susu, ketika minum susu sapi. Supaya aman, bila Anda ingin minum susu, pilih susu kedelai atau susu almond. Susu tersebut relatif aman karena tidak mengandung gula laktosa yang berat untuk dicerna. Anda bisa juga bisa memilih yogurt yang mengandung bakteri hidup. Yogurt tersebut membantu pencernaan.

Selain itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari sebelum lari agar tidak terjadi masalah. Jenis makanan tersebut adalah:

Makanan tinggi serat

Makanan dari biji-bijian utuh, sayuran, polong-polongan, dan buah yang tinggi serat dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut atau malah diare. Makanan tersebut memang makanan sehat, namun bisa menyebabkan masalah pencernaan pada pelari yang mengonsumsi makanan tersebut malam atau pagi sebelum lari jarak jauh. Jadi sebaiknya, makan makanan tersebut ketika Anda esoknya tidak akan lari.

Makanan tinggi lemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, keju, hamburger lambat dicerna oleh pencernaan. Sehingga Anda akan merasa makanan tersebut memenuhi perut Anda.

Kafein

Kopi atau minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan masalah pada perut atau diare. Namun beberapa pelari yang sudah terbiasa minum kopi secara teratur bisa mentoleransi kafein tanpa masalah. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments