31

Persiapkan Diri Sebelum Borong Buku

Big Bad Wolf (BBW) Books, pameran dan bazaar buku terbesar kembali digelar mulai Kamis (29/3). Meski diadakan nonstop, artinya dibuka 24 jam hingga Senin (9/4), ajang bursa buku ini tak pernah sepi pengunjung. Sebelum Anda pergi ke sana, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kegiatan borong buku Anda lebih nyaman.

Tahun ini BBW diadakan di hall 7-10 Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. Ruang yang cukup luas. Tentu saja, karena sekitar 5,5 juta buku hadir di sana. Buku-buku impor dan lokal tersebut dijual dengan diskon 60-80 persen. Tak heran, ajang ini selalu diserbu para pencinta buku.

Mengingat tempat yang luas dan ramainya pengunjung, perhatikan beberapa hal ini agar Anda tetap nyaman saat memborong buku.

Pakaian yang nyaman

Anda bisa berada di BBW lebih dari dua jam, dengan kondisi berdesak-desakan dengan banyak orang. Karena itu, bukan hanya pakaian berbahan kaus saja yang sebaiknya Anda gunakan, namun juga pakaian dengan desain simpel. Jangan sampai pakaian Anda menyangkut di tas orang lain atau tersangkut sesuatu. Pakai pula alas kaki yang nyaman, karena Anda bisa berdiri cukup lama. Karena selain sibuk melihat-lihat buku, Anda juga harus cukup lama mengantre untuk membayar buku.

Lihat denah hall

Ruang pameran buku sangat luas. Anda bisa menghabiskan banyak waktu percuma jika harus mencari-cari area tempat jenis buku yang Anda incar. Karena itu, sebelum masuk ke ‘arena’ lihat dulu denah ruangan. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengetahui area buku yang ingin didatangi dan juga bisa lebih menghemat waktu.

Bawa koper atau tas beroda

Anda bisa lupa diri saat membeli buku-buku. Tanpa disadari puluhan buku bisa masuk ke keranjang Anda. Setelah itu, Anda bingung membawanya karena berat. Apalagi jalan menuju tempat parkir atau transportasi umum cukup jauh.

Karena itu, bila Anda sudah berencana memborong buku, bawa wadah yang mudah dibawa, seperti tas beroda atau koper kecil. Hal tersebut bisa meringankan beban Anda saat membawa buku-buku tebal.

Bawa camilan dan minuman

Memang penyelenggara telah menyediakan foodcourt atau tempat makan di dekat arena pameran. Namun biasanya sudah dipenuhi pula oleh pengunjung. Untuk mengganjal perut atau menghilangkan haus, bawalah camilan ringan seperti roti atau air minum dalam wadah yang mudah Anda masukkan ke dalam tas.

Titip ke kasir

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang membeli buku, penyelenggara telah menyediakan puluhan kasir, namun tetap saja antrean bisa cukup panjang. Bila Anda merasa putus asa untuk mengantre, atau memang sedang tergesa-gesa, Anda bisa menanyakan kepada petugas apakah bisa menitipkan buku yang Anda pilih, untuk nantinya akan Anda bayar setelah antrean tidak terlalu panjang. Beberapa pengunjung malah ada yang membayar keesokan harinya.

Tidak membawa balita

Memang banyak sekali buku untuk anak-anak di BBW. Namun sebaiknya hindari membawa anak Anda yang masih balita. Karena ramai, anak Anda bisa merasa kurang nyaman, sehingga rewel. Apalagi bila mereka harus menunggu Anda mengantre.

Siapkan dana sesuai bujet

Meski harga buku relatif murah, namun bila banyak yang dibeli harganya bisa tinggi juga. Agar dompet Anda tidak jebol, siapkan dana sesuai bujet. Sebagai cadangan, bawa kartu kredit. (YBI)

 

Foto: Etalase Bintaro/Lies Afroniyati

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments