09

Perlu Diperhatikan Saaat Merintis Bisnis Kedai Kopi

Kedai kopi makin mudah ditemui, termasuk di Bintaro dan sekitarnya. Menjamur karena sambutan konsumen yang luar biasa. Bila ingin meraih keuntungan dari bisnis kedai kopi, coba saja merintisnya. Sebab dinamika kopi akan terus ramai, saat ini maupun nanti.

Persiapkan berbagai langkah yang matang untuk memaksimalkan peluang besar ini. Konsumen tentu tak pernah lari jika ramuan kopi yang disaji pas di hati. Lainnya, pikirkan dengan saksama. Seperti manajemen dan kerjasama guna membangun jaringan bisnis.

Mau memulai sendiri atau bersama dengan kawan, tak ada masalah. Fokus saja pada hasil yang ingin diraih, agar Anda lebih mudah mengawali rencana. Jadi tak perlu banyak drama dan tetap bersyukur di tiap langkah yang mesti dilewati.

Modal awal

Modal awal ibaratnya menjadi penentu, akan merintis bisnis dengan skala yang sederhana atau langsung besar. Sedikit banyaknya modal di tangan Anda, juga menentukan aset-aset yang akan dimiliki. Misalnya jenis mesin penggiling kopi, alat seduh yang beraneka dengan beragam harga, membeli atau sekadar menyewa tempat, upah karyawan, desain kedai, dan lain-lain.

Modal awal boleh terbatas. Namun dari laba yang didapat, modal bisa berkembang. Makin membesar karena harga jual saham dan penanaman modal dari pihak luar. Terbayang ‘kan manisnya binis kopi?

Produsen biji kopi

Temukan produsen biji kopi sebagai mitra utama. Jalin koneksi yang erat dan saling menguntungkan. Dengan begitu biji kopi mentah pilihan bisa disediakan tepat waktu, dan murah. Olah lagi biji kopi dan kemas yang rapi sebelum sampai ke tangan konsumen. Langkah jitu untuk meningkatkan harga jual produk Anda.

Kelas konsumen

Tentukan target konsumen. Kelas ekonomi menengah ke bawah tentu menginginkan harga murah. Namun tetap perhatikan jaminan rasa. Sedang kelas menengah ke atas, mengutamakan selera, kemasan, dan pelayanan yang prima.

Bentuk bisnis

Online atau offline. Tak menutup kemungkinan Anda memilih keduanya. Apapun itu buat rencana kerja yang sudah benar-benar terukur dan sesuai kemampuan. Bila online, mayoritas Anda bisa berfokus hanya pada biji kopi. Untuk coffee shop tentu lebih kompleks urusannya. Misalnya menghadirkan makanan pendamping sebagai teman kopi.

Desain interior

Kedai kopi saat ini telah menjadi rutinitas harian. Desain interior dan suasana yang dibangun tentu sangat menunjang minat orang untuk datang. Ramah, hangat, elegan, dengan suara musik yang sayup-sayup terdengar.

Lokasi

Lokasi juga sangat menentukan. Namun ingat, lokasi strategis bukan selalu berada di keramaian. Kadang suasana teduh, udara yang sejuk, dan sepi justru lebih digandrungi. Asal mudah dijangkau dan diketahui oleh target pasar, dijamin kedai kopi akan menarik dikunjungi. Di manapun ia berada.

Barista

Rasa yang berkualitas memang tak bisa bohong. Selalu berasal dari tangan yang menguasai dan memahami. Untuk itu, gandeng barista yang benar-benar bersahabat dengan kopi. Telah berkenalan dengan seluk beluk, jiwa, dan prosesnya. Dapat membaca keinginan pembeli dan sedapat mungkin menyajikan kopi sesuai pribadi atau selera. Ditambah senyum hangat serta tutur kata yang baik agar pembeli mau kembali lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments