29

Perlu Diperhatikan, Letak Ruang Servis yang Ideal

Sebagai ruang yang memberikan pelayanan, dukung ruang servis dengan fasilitas dan tata letak yang nyaman. Agar makin maksimal dan keberadaannya tidak mengganggu, perhatikan tata letak yang pas di rumah Anda.

Ruang servis memang bukan ruang utama. Mayoritas penghuni juga tidak banyak menghabiskan waktu di ruang servis. Hanya keseriusan dan buru-buru menyelesaikan pekerjaan adalah suasana yang paling sering dirasa. Namun sekali tidak berfungsi, dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Bagaimanapun ruang servis  harus tetap sehat. Disamping tampil cantik dan tertata apik. Tak kalah indahnya dengan ruang-ruang lainnya, seperti kamar tidur dan ruang tamu.

Dapur

Sebagai tempat memproses makanan menjadi matang, kebersihan dapur harus senantiasa terjaga. Upayakan posisinya mendapat sinar matahari yang cukup dan udara dapat mengalir lancar.

Mengapa demikian? Agar bau masakan tidak bertahan dan memenuhi seisi ruangan. Sedang cahaya yang cukup dari mentari membantu membersihkan sarang kuman yang ingin hinggap di sana. Dapur yang lembap karena kurang cahaya tentu menghasilkan bau apek dan jadi rumah ideal bagi jamur serta bakteri. Alhasil makanan bisa tercemar.

Letak dapur juga tak melulu harus di belakang. Sesuaikan dengan kondisi rumah yang mungkin sebelumnya telah dirancang khusus. Tidak masalah bila sengaja dikondisikan berada di depan. Seperti model rumah akhir-akhir ini. Selain tetap menjaga kebersihan dan kesehatannya, upayakan bau masakan tidak mengganggu tetangga depan dan samping.

Kamar mandi

Karena terus dibutuhkan, bahkan sepanjang hayat, usahakan letaknya mudah dijangkau dan berukuran cukup sesuai selera. Berdekatan dengan kamar tidur, tak jauh dari ruang santai, atau berada di sudut-sudut tertentu.

Terkadang jumlah kamar mandi bisa mengikuti jumlah kamar tidur atau jumlah lantai di rumah. Masing-masing harus mendapat perlakuan yang sama. Agar tidak ada yang menyimpan bibit kumat yang malah menjadi sarang penularan penyakit.

Perhatikan pula kondisi kamar mandi tidak menjadikan dinding kanan kiri lembap. Dan juga tetap aman untuk bagian bawahnya, bila kamar mandi berada di lantai atas.

Cuci, jemur, setrika

Ruang servis lainnya khusus untuk mengurusi busana. Ibarat laundry yang beres menangani masalah cuci, jemur, dan setrika. Agar memudahkan gerak dan terkontrol, Anda bisa menjadikan satu ruang. Dengan ukuran 2×1 meter untuk ruang cuci dan 3×2 meter untuk jemuran, Anda tak perlu menghabiskan banyak tempat.

Agar lebih irit lagi, akali menggantungkan jemuran di atas mesin cuci, sehingga cuci dan jemur bisa menyatu. Sisanya bisa Anda isi dengan sepasang meja setrika dan kursi penunjang jika dibutuhkan. Ruang laundry bisa hadir dengan efisien.

Kamar asisten rumah tangga

Walau termasuk ruang privat, kamar asisten sangat menunjang terpenuhinya kebutuhan rumah tangga. Anda bisa menyediakan kamar berukuran 2,5×1,5 meter guna menampung keperluan pribadi asisten. Posisi idealnya tidak jauh dari dapur dan ruang cuci. Mengapa? Agar makin leluasa melakukan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments