25

Perkemahan Keluarga Tak Jauh dari Jakarta

Kegiatan berkemah bisa menjadi liburan yang seru. Apalagi bila dilakukan dengan keluarga tercinta. Banyak lokasi kemah yang ideal bagi keluarga, sekaligus memberikan fasilitas yang lengkap. Serta bisa dicapai dengan berkendara selama  beberapa jam saja.

Lokasi kemping yang bisa dilakukan sekeluarga memang jadi tujuan liburan favorit. Karena selain bisa makin mengakrabkan keluarga, udara segar bisa menjernihkan dan merelakskan pikiran. Belum lagi pemandangan alam yang tak pernah jemu untuk terus dipandang. Juga mengajarkan cinta lingkungan pada anak-anak.

Model liburannya pun bisa dikatakan tak mudah. Tempat tidur seadanya, bahkan kadang dibarengi dengan udara dingin menembus kulit di malam hari. Kamar mandi harus bergantian dengan peserta kemah lainnya. Tak jarang pula harus memasak bersama dengan peralatan seadanya. Namun ada beberapa lokasi perkemahan yang sudah menyediakan fasilitas makan dalam boks atau prasmanan.

Berikut beberapa lokasi perkemahan yang bisa jadi referensi liburan Anda sekeluarga.

Bogor

Masih menjadi destinasi favorit dan tak jauh dari Jakarta, jarak tempuhnya hanya dua jam saja. Ada beberapa pilihan untuk berkemah dengan keluarga. Seperti Situ Gunung yang memiliki kecantikan alam tiada tandingannya. Walau untuk mencapainya harus tracking selama 45 menit hingga 1 jam, tapi Anda tak akan dibuat kapok untuk kembali.

Ada pula Cunang, akronim dari Curug Nangka. Persis berada di kaki Gunung Salak dan pengunjung akan ditemani monyet-monyet liar. Anda pun mesti membawa peralatan sendiri seperti tenda dan lainnya, karena penyelenggara belum menyediakan sewa.

Pilihan lain di Bogor adalah Cidahu, didalam hutan pinus dan damar. Curug dengan air yang sangat jernih dan keindahan Kawah Ratu bisa Anda saksikan di sana.

Bandung

Bandung memang tak ada habisnya untuk dibahas. Rata-rata lokasi perkemahan berada di Lembang. Seperti Bumi Perkemahan Cikole, lengkap dengan wisata memetik buah stroberi. Lainnya adalah Legok Kondang Lodge. Tendanya lain dari yang lain, sebab terbuat dari kayu. Sarana mandi pun sudah dilengkapi dengan air hangat. .

Di Ranca Upas, perkemahan di tengah hutan dan menghadap danau buatan, bisa Anda selingi dengan bersepeda keliling. Atau berkemah di Gunung Puntang Bandung, yang dibuka di lahan bekas stasiun radio Belanda. Ada lagi yakni Ciwangun Indah Camp, yang memberikan suasana teduh dan aneka permainan seperti soft gun dan jelajah alam ringan.

Sukabumi

Dalam empat jam setelah menempuh perjalanan dari Jakarta, Anda akan menemukan sederet lokasi wisata yang aduhai indahnya. Tak perlu lagi bawa setumpuk peralatan karena di sana sudah disediakan. Ditambah wahana olahraga seperti rafting dan outbond akan menambah seru acara berkemah. Di antara sekian lokasi, yang paling terkenal bernama Bukit Baros. Letaknya di dekat sungai Citarik. Tak usah khawatir bila penuh, masih banyak titik-titik berkemah yang bisa Anda kunjungi sekeluarga.

Ada Calliandra Camping Ground, Camping Ground Gunung Putri, Bumi Perkemahan Mandalawangi, Mandalawangi Cibodas Camping Ground, Bumi Perkemahan Gunung Mas, Kampung Rimba Camp, dan masih banyak yang lain. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments