17

Perkawinan Rasa si Boedjangan

Seperti hal-nya fashion yang kerap dipadu-padankan, begitu pula kuliner. Bakso adalah salah satu makanan yang sering dipadankan dengan berbagai makanan. Mulai dari pasta, sup, sayuran, dan banyak lagi. Namun, restoran ini ‘mengawinkan’ bakso dengan caranya sendiri.

Selalu ramai didatangi penggemar bakso.

Bakso Boedjangan, itulah kedai bakso dua lantai yang ada di Ruko Kebayoran Arcade, Bintaro. Kedai yang berdiri pertama kali di Bandung ini telah sukses memadankan bakso dengan caranya sendiri. Ternyata, ‘perkawinan’ baksonya dengan berbagai bahan lain, bisa diterima lidah banyak penggemar bakso. Terbukti, kedai ini telah memiliki lebih dari 20 jaringan resto di Bandung, Jatinangor Sumedang, Cimahi, Bogor, dan Jakarta. Namun untuk wilayah Tangerang, baru ada di Bintaro ini.

Konsep open kitchen

Bakso dan gerobak seperti panci dengan tutupnya. Itulah yang menyambut Anda begitu memasuki kedai Bakso Boedjangan ini. Sebuah gerobak bakso dari kayu, dengan mangkuk-mangkuk bakso langsung menyapa mata Anda. Tertata rapi seperti sebuah sambutan yang hangat. Di belakangnya, Anda bisa menyaksikan para abang tukang bakso meracik bumbu dan memasak hidangan.

Dapur terbuka dan gerobak bakso.

Di sampingnya, berjejer kursi dan meja makan kayu. Terlihat sempit karena ruang yang tersedia dipakai untuk dapur terbuka. Karena itu, langkahkan kaki Anda ke tangga menuju lantai dua. Di sana ruangan yang cukup luas, dengan meja dan bangku-bangku panjang menanti Anda. Santai, simpel, namun akrab.

Hasil perkawinan

Bakso super mozzarella.

Beragam perpaduan bakso dengan berbagai bahan langsung bisa Anda lihat ketika membaca menunya. Untuk kuahnya saja, ada tiga jenis, yaitu kuah kaldu tulang yang gurih, kuah taichan boedjangan buat penggemar pedas, dan kuah pedas rawon bagi Anda yang ingin mencoba petualangan baru.

Bakso campur nikmat yang berisi bakso goreng, bakso kecil, dan tetelan daging wagyu.

Baksonya juga berbagai macam, ada bakso super berisi cincangan daging wagyu yang lembut dan juicy, ada bakso super berisi mozzarella yang kejunya meleleh ketika Anda menyendoknya, serta bakso super keju yang pasti bikin penggemar keju jatuh hati. Untuk seporsi bakso super mozzarella ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 29.500 saja. Sedangkan untuk bakso super keju harga seporsinya Rp 26 ribu.

Black yamin yang konon bisa mendetoks racun dalam tubuh.

Mi-nya juga bermacam-macam. Selain mi kuning, Anda bisa mencicipi black yamin (mi hitam) yang misterius. Mi hitam ini terbuat dari sari arang bambu yang dipercaya bermanfaat menghilangkan toksin dari dalam tubuh.

Ceker yang lembut, empuk, dan bisa dikunyah sampai habis.

Mau mi yang relatif lebih sehat? Pesan saja green yamin (mi hijau). Mi ini terbuat dari sari beberapa sayuran hijau. Baik black yamin maupun green yamin disajikan dengan bakso kecil yang lembut. Harga kedua yamin tersebut hanya Rp 16 ribu saja.

Nasi goreng yang dicampur potongan bakso urat.

Untuk minuman, jangan lewatkan es alpukat durian kelapa. Dengan harga hanya Rp 25 ribu, rasa duriannya tidak main-main. Terasa hingga suapan terakhir. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments