17

Perkakas yang Sering Luput Kebersihannya

Kebersihan rumah harus total. Mulai bangunannya hingga perkakas yang ada di dalamnya. Sayangnya banyak perkakas yang sering luput dari perhatian kita. Tak sering dibersihkan, sehingga mendatangkan masalah kesehatan pada seisi rumah.

Mungkin sekilas barang-barang tersebut tampak selalu bersih. Apalagi bila memang digunakan untuk membersihkan alat-alat rumah tangga yang lain. Sehingga kadang persepsi kita terjebak bahwa kebersihannya terjamin dengan sendirinya.

Padahal siapa sangka, bakteri dan berbagai kuman mengendap di sana. Menjadi sarang dan media penyebaran penyakit. Kebiasaan tak mengganti ini bisa membuat anak atau anggota keluarga sakit. Sayangnya, kita kerap tak menyadari penyebabnya.

Baru setelah mengamati-amati, kita baru sadar bahwa sumber penyakit berasal dari barang-barang di rumah sendiri. Terlihat dari warnanya yang begitu kusam, hitam kecoklatan, bau apek yang menyengat, sampai terasa lembap bila dipegang. Bayangkan saja, berapa muatan bakteri dan jamur yang berhasil tinggal lama disana, hanya gara-gara kita lupa menggantinya.

Coba tengok kembali barang apa saja di rumah yang sering luput dari perhatian kita. Jika memungkinkan, ganti sesering mungkin agar rumah sehat secara keseluruhan.

Keset

Keset mayoritas terletak tak jauh dari pintu. Tugasnya membersihkan apa saja yang menempel di telapak kaki. Berupaya menyaring kotoran maupun sisa-sisa air. Sayangnya hanya menahan dan menyimpan di dalam tubuhnya, bukan membuang atau otomatis mengusir kuman. Alhasil dalam sekian waktu, keset turut kotor dan lembap. Cuci dengan air yang besih dan jemur di bawah sinar matahari langsung.

Lap perkakas

Lap perkakas yang sejatinya sebagai alat bersih-bersih malah jarang dibersihkan. Bahkan jika perlu, setelah dipakai untuk mengelap berbagai alat, lap mesti diganti. Terlebih bila digunakan untuk mengeringkan alat makan. Lap tentunya ikut basah dan tak layak lagi digunakan sebagai pengering terus menerus.

Serbet

Begitu juga dengan serbet atau lap tangan. Apa jadinya jika serbet yang seharusnya menjaga kebersihan tangan, justru menularkan kuman. Terlebih digunakan secara bergantian dan banyak orang. Bukan anggota keluarga di rumah saja, namun tamu yang datang juga ikut mengelap tangannya. Segera ganti bila memang serbet sudah tak nyaman digunakan.

Gorden

Gorden nampak baik-baik saja, karena fungsinya sebatas penutup jendela. Namun kuman dan bakteri yang beterbangan di udara dapat menempel langsung padanya. Ditambah gorden kerap berhadapan langsung dengan udara terbuka di luar rumah. Biasakan mengganti gorden bila sudah tercium bau apek. Ketimbang saat tersentuh, dia akan menerbangkan kembali kuman yang menempal dan mengenai orang-orang di sekitarnya.

Sprei dan sarung bantal

Biasakan mengganti sprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali. Keringat dan kotoran yang tak terasa diserap, jadi menumpuk dan bisa menyebar kapan saja. Bila sering diganti, tidur jadi lebih sehat dan aman dari penyakit.

Handuk

Tidak ketinggalan handuk yang bertugas mengeringkan badan setelah mandi. Saat disentuh terasa lembap, berair, atau tercium bau tak sedap, segera ambil handuk yang baru. Dijamin, badan lebih terawat dari ancaman jamur dan penyakit kulit. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments