15

Perhatikan ini, agar Desain Rumah Tepat

Hunian sehat adalah yang mampu mengakomodasi semua kebutuhan penghuninya. Untuk itu lakukan desain yang sistematis dan terperinci sebelum rumah benar-benar didirikan. Jangan jadikan alasan keterbatasan luas lahan atau dana sebagai halangan. Sebab saat ini, semuanya bisa dipecahkan bila benar-benar ada perencanaan matang.

Lebar atau tidak, lahan harus menampung segala aspirasi anggota keluarga. Rugi bila rumah sudah siap huni, nyatanya malah tidak ditinggali karena tak nyaman dan tak betah menurut pemiliknya sendiri. Dapat dikatakan, desain rumah sudah begitu kreatif. Banyak ide terus bermunculan untuk mengatasi berbagai kebutuhan dan kepentingan keluarga yang makin beraneka ragam. Termasuk menampung segala kebingungan agar model rumah tetap stylish sepanjang masa.

Mendesain rumah memang bukan urusan mudah. Namun lebih baik rumit sejak awal untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Kebutuhan dan keinginan

Idealnya memang dapat mencakup kebutuhan dan keinginan. Tapi bila ada sekian halangan yang membatasi, utamakan kebutuhan terlebih dulu supaya rumah bisa segera berdiri. Jika menunggu hingga kondisi menjadi ideal, keinginan segera menghuni rumah baru hanya akan berputar-putar di angan.

Simulasi kebutuhan ruang

Dalam mendesain, simulasi kebutuhan akan ruang sangat diperlukan. Pertama, bayangkan saja jumlah anggota keluarga bisa mendapat ruang pribadi sendiri. Jika tidak memungkinkan, setidaknya anak yang bergender sama bisa satu ruang terlebih dulu. Lalu geser bayangan pada kebutuhan aktivitas yang lain. Menyangkut ruang tamu, ruang makan dan dapur, tempat berdoa, perpustakaan, ruang santai, ruang kerja, dan kebutuhan yang lain.

Jangan lupa bila semua ruang tak cukup ditampung dalam satu lantai. Toh Anda bisa mewujudkan dengan gaya rumah tumbuh, misalnya. Atau mengakalinya dengan desain minimalis. Di mana sekat-sekat antar bilik untuk umum tidak banyak diperlukan.

Begitu pula tentang lahan yang tersisa bukan berarti tidak berguna. Karena tidak menutup kemungkinan Anda memang sengaja membiarkan apa adanya. Kosong bukan untuk bangunan, tapi untuk taman hijau yang menambah sejuknya lingkungan.

Ruangan multifungsi

Dari desain simulasi ruang, kembangkan lagi untuk menyulap ruangan menjadi serbaguna. Seperti ruang tamu yang menyatu dengan ruang santai keluarga, atau ruang baca yang sekaligus menjadi ruang kerja. Langkah tersebut kerap diambil untuk mengatasi persoalan terbatasnya luas rumah dan dana yang cekak. Jadi ruang multifungsi hadir guna mewadahi berbagai kebutuhan.

Sesuai ukuran kantong

Sesuaikan rumah impian dengan anggaran yang telah dipersiapkan. Bila punya bujet berlebih Anda bebas menentukan sesuai selera. Namun bila dana tipis, ukur kemampuan Anda. Sejauh mana rumah dapat diwujudkan. Intinya, jangan memaksakan diri meraih rumah mewah tanpa perhitungan yang pasti. Karena tentu Anda tak ingin menanggung beban berat setelah rumah berdiri bukan?

Jasa desain rumah

Untuk menghasilkan desain yang bagus dan berkualitas, tak ada salahnya menggunakan jasa dari ahli perancang rumah. Khususnya bagi yang sangat awam dan sama sekali asing dengan urusan bangunan. Dari jasa tersebut, mulai dari skema, perhitungan biaya, bahan bangunan, hingga fungsi tiap ruang bisa dibahas dengan tuntas. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments