foto0707

Perawatan Wajah Tepat, Remaja Makin Percaya Diri

Menjelang remaja, usia sekitar 15 tahun, memang penuh kegalauan. Bukan hanya jati diri yang sedang dicari, namun perawatan wajah  yang tepat pun tengah digali. Bila salah merawat, kulit wajah bisa bermasalah dan menimbulkan efek jangka panjang. Ini bisa membuat remaja jadi kurang percaya diri.

Kulit wajah mengalami saat terbaiknya saat remaja.  Pada masa pubertas, kulit wajah juga cenderung berminyak dan kadang bisa sensitif terhadap bahan kimia tertentu yang ada pada kosmetik.  Oleh karena itu, para remaja perlu perawatan yang tepat untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Dan meski remaja selalu ingin tampil cantik setiap hari, sebaiknya hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan.

Tak perlu terlalu risau juga bila jerawat nakal sesekali mampir di wajah. Hal itu normal terjadi karena hormon yang masih berubah-ubah. Asal ditangani dengan benar, jerawat akan hilang tanpa bekas. Berikut ini sejumlah cara perawatan untuk kulit remaja.

Pembersihan

Jika kamu tidak ingin berjerawat, membersihkan wajah setiap hari itu wajib. Paling tidak, cucilah wajah minimal dua kali sehari atau setiap wajah terasa kotor. Terutama untuk remaja pria atau remaja yang aktif. Cara paling baik untuk membersihkan wajah adalah dengan menggunakan air dan sabun pembersih wajah.

Namun, jika wajah bersentuhan dengan kosmetik atau make up, bersihkan terlebih dulu dengan pembersih dan penyegar, cleansing oil atau cleansing balm. Barulah setelahnya kamu bisa mencuci wajah dengan air dan sabun pembersih wajah. Hindari tidur dengan wajah masih penuh kosmetik agar terhindar dari jerawat.

Pilihlah sabun pembersih wajah khusus yang sesuai untuk jenis kulit. Jika terjadi reaksi alergi setelah menggunakan sabun pembersih wajah khusus, sebaiknya hentikan pemakaian. Hindari juga memilih sabun pembersih wajah yang berfungsi mencerahkan atau memutihkan. Saat kulit masih muda, remaja masih belum memerlukannya. Yang dibutuhkan adalah sabun pembersih wajah yang bisa membersihkan kotoran dan debu secara maksimal.

Riasan

Boleh, sih, menggunakan riasan tipis ke sekolah. Asalkan tetap terlihat natural sesuai usia. Sebenarnya untuk remaja, belum memerlukan lipstik, alas bedak/foundation, perona pipi (blush on), eyeshadow, maskara, dan pensil alis. Karena kondisi kulit masih bagus, cukup aplikasikan pelembap pada kulit yang telah bersih setiap hari. Jika mengalami masalah bibir kering, aplikasikan pelembap bibir atau lip balm. Jangan lupa, cucilah wajah setiap kali pulang sekolah.

Gunakan tabir surya atau sunblock jika ada pelajaran olahraga atau aktivitas ekstrakurikuler di luar ruangan yang cukup padat,. Tidak hanya di wajah, aplikasikan tabir surya di seluruh kulit tubuh yang terpapar matahari.

Terkadang, ada acara-acara tertentu yang menuntut kita perlu tampil lebih. Untuk acara khusus, para remaja bisa mengaplikasikan kosmetik seperti perona pipi dengan warna-warna natural seperti merah muda atau oranye muda yang sesuai warna kulit. Untuk pemulas kelopak mata, pilih warna-warna natural seperti cokelat muda, abu-abu, atau merah muda untuk yang berkulit putih.

Ingin lebih segar lagi? Semprotkan face mist ke seluruh bagian wajah. Pilih lipstik dengan warna nude untuk tampil natural. Atau pilih lipstik dengan warna merah muda untuk pemilik kulit putih, oranye untuk pemilik kulit kuning langsat hingga sawo matang, dan merah keunguan untuk pemilik kulit gelap. Paling penting, pastikan produk-produk pilihan sesuai dengan jenis kulit remaja. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments