2508

Perawatan Kulit Remaja Tak Harus Ribet

Masa remaja adalah masa yang paling indah, termasuk soal kulit. Saat itu kulit masih berlimpah kolagen, sehingga kenyal dan kencang. Sayangnya, usia remaja juga sering dibilang masa galau. Pun keadaan kulit. Kondisi kulit remaja memang masih prima, namun karena hormon yang belum stabil, sering timbul masalah kulit, terutama jerawat. Oleh sebab itu perlu perawatan kulit yang benar.

Kalau patokan kulit ideal adalah seleb Korea Selatan, tentu remaja tak akan sabar dengan perawatannya. Untuk mendapat kulit semulus itu, langkah perawatan kulit wajah mereka bisa mencapai 10 langkah. Repot dan mahal, tentunya.

Cukuplah patokannya adalah kulit yang sehat, sesuai kulit asli Indonesia. Apalagi memang jenis kulit kita berbeda dengan kulit orang Korea Selatan. Di Indonesia, tingkat kelembapan udara cukup tinggi. Berbeda dengan kondisi Korea yang cenderung kering.

Untuk remaja yang masih banyak berkegiatan, kamu hanya perlu melakukan perawatan kulit yang  simpel ini. Asalkan kamu rajin menerapkannya sehari-hari, kulit kamu akan sehat dan bersinar, seperti kamu.

Jenis kulit

Patokan pertama ketika akan merawat kulit adalah mengenali jenis kulit diri sendiri. Kebanyakan, ketika usia belasan tahun, jenis kulit cenderung berminyak, belum lagi jika ditambah aktivitas luar ruangan yang cukup padat. Kulit berminyak, ditambah faktor hormon dan kurang menjaga kebersihan inilah yang memicu jerawat.

Jenis kulit kedua adalah kulit kering. Bisa saja kamu mempunyai kulit normal, tetapi akibat paparan AC berlebihan, kulit jadi cenderung kering. Pemilik kulit sensitif juga perlu berhati-hati dalam memilih produk yang tepat. Sementara itu, pemilik kulit normal patut bersyukur karena memiliki jenis kulit yang cenderung kuat, tahan dari jerawat, dan terasa lembut. Ketahui jenis kulitmu sebagai basis memilih produk perawatan kulit wajah.

Sabun pembersih wajah

Cucilah wajah paling tidak dua kali sehari atau ketika kotor. Biasakanlah mencuci wajah usai beraktivitas di luar ruangan. Pastikanlah wajah telah bebas dari kosmetik apapun sebelum tidur. Cara ini akan menjauhkan kulit dari jerawat. Jangan lupa, pilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak mengikis kelembapan alami kulit wajah.

Pelembap

Gunakan pelembap jika aktivitasmu kebanyakan di ruangan ber-AC. Pelembap atau moisturizer akan membantu kulit tetap terhidrasi dan tidak mudah kering dan bersisik. Sebaliknya, jika kulit tergolong berminyak, sebaiknya pilih produk khusus yang bisa membantu mengontrol kadar minyak alami pada wajah. Untuk menjaga kelembapan kulit, kamu bisa menyemprotkan face spray ketika kulit terasa kering.

Tabir surya

Sunscreen, sunblock, atau tabir surya menjadi wajib jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Gunakan setelah kamu menggunakan pelembap. Agar tidak memicu jerawat, biasakanlah membersihkan dan mencuci wajah setiap kali usai beraktivitas.

Gaya hidup sehat

Kunci utama kulit sehat adalah gaya hidup sehat. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah. Cukupkanlah asupan air putih dalam sehari. Biasakanlah berolahraga rutin. Tidurlah cukup dan jauhkanlah diri dari stres. Gaya hidup sehat ini bisa membantu mengendalikan hormon kamu yang sedang tidak stabil. Sehingga masalah kulit enggan muncul. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagaram @ETALASEBINTARO

Comments

comments