01

Pembersih Lantai dari Dapur Sendiri

Bahan yang alami untuk membersihkan lantai tentu lebih baik dari cairan disinfektan pada umumnya. Selain lebih merawat lantai, juga tidak membahayakan seisi rumah maupun lingkungan. Terlebih untuk anak-anak yang sering menghabiskan waktunya dengan bermain di lantai.

Bahan alami untuk mengepel atau membersihkan lantai bukan barang yang sulit dicari. Beberapa sudah akrab untuk keperluan dapur atau kebutuhan rumah tangga. Jadi Anda tak perlu repot-repot mengupayakannya. Murah dan sederhana melakukannya. Bahkan diantaranya merupakan ampas, dari sisa-sisa bahan yang masih bisa dimanfaatkan sebelum menuju kantong sampah.

Menarik bukan? Yuk ketahui bahan-bahan apa saja yang bisa dipakai untuk menjaga dan merawat rumah Anda. Dan juga tetap merawat kelestarian lingkungan di sekitar Anda.

Lemon

Bau lemon yang menyengat dan memberi rasa segar sangat berguna untuk keceriaan seisi rumah. Mengandung asam sangat tinggi, yang sangat ampuh membunuh kuman. Cara penggunaannya gampang sekali. Cukup campurkan perasan air lemon, garam, dan air. Dipastikan noda, kuman, jamur, pergi. Tapi bersamaan bau wangi sitrus mengisi.

Cuka

Zat asam pada cuka terbukti berkhasiat menyingkirkan warna kusam pada lantai dan menghalau jamur atau bakteri datang lagi. Cuka juga sangat ampuh berhadapan dengan kerak yang telah lama berdiam diri. Anda hanya perlu menuangkan cuka pada noda atau kerak membandel, dan membiarkan beberapa saat. Setelah itu siapkan kain pel atau lap yang sudah dibasahi dengan air, dan usapkan pada cairan cuka tadi. Lihat hasilnya. Bila bau cuka masih ada dan Anda tak menyukainya, cukup membilasnya sekali lagi. Noda pergi, bau pun netral kembali.

Teh

Mengepel dengan cairan teh bukan suatu hal yang mustahil. Seperti menyeduh minuman, campurkan daun teh dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Kemudian ambil kain atau lap, celupkan pada cairan teh tadi, dan Anda bisa mengepel seperti biasa. Teh sangat cocok untuk lantai yang terbuat dari kayu. Sebab bukan saja membersihkan, teh juga bisa menjaga keawetan kualitasnya.

Baking soda

Baking soda sudah terkenal kekuatannya. Kerap diajak membersihkan bagian toilet, melancarkan saluran air, hingga mengepel lantai. Noda dan bau ruangan yang tak sedap akan hilang seketika. Taburkan saja pada bagian yang kotor, diamkan, lalu gosok dengan kain lap.

Ampas kelapa

Jangan buang ampas kelapa Anda. Sisa parutan tersebut bisa digunakan membersihkan lantai dan membuat keramik lebih kinclong. Rahasianya terletak pada kandungan disinfektan yang tak disukai kuman. Campurkan dengan air jeruk nipis, lalu gosok-gosok pada lantai. Lap kembali dengan air untuk langkah terakhir, dan nikmati hasilnya.

Minyak zaitun

Bukan semakin berminyak, tapi minyak zaitun mampu membuat keramik makin enak dilihat. Khususnya untuk lantai kayu, yang akan terlihat lebih bersih dan mengkilat. Minyak zaitun dapat dipadukan dengan cuka untuk mendapatkan suatu larutan. Selanjutnya tinggal diaplikasikan langsung pada lantai yang kotor. Lantai pun tampak selalu baru dan lebih sehat alami. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments