06

Pekerjaan Paruh Waktu yang Pas untuk Mahasiswa

Daripada waktu kosong terbuang sia-sia, ada baiknya mahasiswa mengisinya dengan kerja part time. Jenisnya banyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Sehingga tidak mengganggu waktu kuliah. Plus mendapat uang saku lebih dan pengalaman berharga.

Sudah bukan rahasia lagi, banyak mahasiswa yang mengambil pekerjaan paruh waktu. Terlebih di kota-kota besar dan berpisah jauh dari orang tua. Dengan pemasukan tambahan, mahasiswa belajar mandiri dan menyiapkan mental untuk menyongsong dunia kerja yang sesungguhnya setelah tamat. Tidak jarang saat part time, terjalin koneksi dan dapat kontrak jadi karyawan tetap. Kesempatan bekerja pasca lulus pun lebih terbuka lebar. Selain itu, mental lebih tahan banting hasil binaan selama paruh waktu.

Tak perlu ragu lagi. Ambil saja kesempatan emas ini, agar masa kuliah lebih berwarna dan berharga. Namun pekerjaan juga jangan sampai menganggu kuliah. Karena itu, pilih pekerjaan paruh waktu yang sesuai. Berikut beberapa yang bisa dipertimbangkan.

Tutor atau guru privat

Sepertinya jenis part time satu ini paling banyak diambil oleh mahasiswa. Alasannya jelas, waktunya fleksibel, uangnya lumayan, dan bisa upgrade ilmu. Ada rasa kepuasaan tertentu pula bila dapat membantu anak didik sukses meningkatkan nilai akademiknya.

Asisten pribadi

Asisten pribadi juga banyak diminati. Meski terbilang cukup sibuk, tapi bisa diatasi dengan kecanggihan teknologi dan tak perlu bertemu setiap saat. Anda hanya perlu memastikan segalanya beres. Seperti mengingatkan jadwal meeting, memesankan tiket, reservasi restoran dan hotel, menyiapkan goodie bag untuk tamu, dan sebagainya.

Cafe dan resto

Ikut ambil bagian dalam kesibukan restoran dan kafe juga tak ada ruginya. Menjadi bartender, penyaji makanan, asisten koki, sampai bagian cuci piring. Pekerjaan yang tampak kasar, tapi mengajarkan untuk bersabar dalam memberikan pelayanan terbaik. Plus Anda bisa belajar seluk beluk bisnis kuliner.

Kasir dan jaga toko

Demikian halnya dengan menjadi kasir atau jaga toko. Harus teliti dan cermat, tetap ramah serta santun. Investasi besar yang berpengaruh pada pembawaan personality.

Fotografer

Jadikan kamera sebagai mesin pencetak uang. Apalagi bila sudah punya bakat memotret, hasil bidikan bisa dihargai tinggi. Anda pun punya nama sebagai fotografer ulung. Mungkin bisa dimulai dari teman-teman sekitar dan pasang harga promo, agar portofolio makin menarik di mata calon konsumen.

Desainer

Tak perlu malu menawarkan contoh coretan yang biasa dibuat. Siapa tahu diminati sebagai desain kartu nama, situs baru, kaos oblong, papan nama, atau lainnya. Dari yang sekadar iseng, berubah jadi pundi-pundi rupiah.

Penulis lepas

Kembangkan idemu dari status media sosial, ke tulisan yang bisa dibaca banyak orang. Mulai dari koran harian, portal berita online, dan blogger pribadi. Tinggal duduk manis di depan laptop, uang pun mengalir sendiri.

Penerjemah

Menjadi alih bahasa tak kalah kerennya. Seperti buku, jurnal ilmiah, novel, film, karya sastra, atau tamu dari luar. Bisa dikerjakan di mana saja, dengan bayaran yang tinggi pula. Disamping terus melatih kecakapan bahasa yang dikuasai.

Tour guide

Jalan-jalan gratis dan dapat uang, itu bisa didapat bila menjadi tour guide. Tinggal kuasai sejarah tempat wisata sebelum dikunjungi, jelaskan pada turis, dan jadilah pemandu idola. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments