21

Menu Bekal Sehat untuk Anak

Bekal untuk anak sekolah atau kegiatan lain harus tetap sehat. Rugi bila kita sudah berupaya maksimal meningkatkan kecerdasannya, tapi tidak didukung oleh nutrisi yang optimal. Memang membuat bekal makan membutuhkan waktu. Namun, ada menu praktis yang bisa Anda bawakan untuk si kecil.

Bukan rahasia lagi bahwa sekarang banyak beredar jajanan abal-abal. Manis karena kaya gula, mengenyangkan karena kalori berlebihan, dan awet lama karena bahan adiktif berbahaya. Memang sekilas nampak praktis memberikan bekal anak dengan kudapan yang telah tersedia. Tapi berhati-hatilah dengan dampak yang mesti ditanggung anak. Tumpukan segala kandungan yang berbahaya bisa mengancam kesehatannya. Bahkan, sudah jamak di usia remaja terjangkit diabetes, gagal ginjal, dan obesitas akibat salah jajan.

Bekali anak dari rumah dengan menu sehat. Berlimpah vitamin dan kaya akan serat. Kenalkan dari sekarang agar anak tak tergantung jajanan tak sehat.

Salad sayur dan buah

Sayang sekali anak-anak sering tak mau mengunyah sayur dan buah. Padahal kedua makanan tersebut sumber utama nutrisi. Berantas keengganan anak-anak dengan kreasi buah dan sayur. Hadirkan potongan buah segar dalam bentuk yang menarik. Lengkapi dengan mayonaise untuk menggugah selera. Jadilah salad sayur dan buah yang menyehatkan.

Nugget homemade

Daripada membeli nugget yang tak jelas asal usul bahannya, lebih baik buat sendiri. Anda bisa menggunakan ayam kampung, ikan, tahu atau tempe dan tambahkan potongan sayuran sebagai sumber seratnya. Seperti wortel, brokoli, bayam merah, kacang polong, dan lainnya. Protein, aneka vitamin, dan serat menyatu dalam satu menu. Praktis, dan bisa disimpan di freezer selama beberapa waktu. Ketika perlu, Anda tinggal menggorengnya.

Bubur kacang hijau

Membuatnya mudah, tapi hasilnya sungguh nikmat. Bubur kacang hijau hangat siap mengantar aktivitas anak seharian. Dengan kandungan berbagai vitamin dan mineral mampu menjaga stamina dan menutup rasa lapar. Tidak mengandung kalori berlebihan dan bisa menjadi alternatif makan siang. Dari yang biasanya berupa hidangan kering, sekarang bisa menyantap hidangan berkuah dan segar.

Susu nabati

Minimalisir kandungan gula dan kalori berlebih dari susu kemasan. Ganti dengan susu nabati yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Mudah dan lebih murah harganya, namun lebih kaya khasiatnya. Seperti susu kedelai, susu almond, susu kacang, susu bengkuang, dan lainnya. Mengandung berbagai zat baik bagi tubuh.

Bento sehat

Hadirkan sajian nasi dalam bentuk bento sehat. Pilih beras organik dan tetap lengkapi dengan sayuran. Atau sebagai pengganti nasi, Anda bisa mengolah mie nabati. Kreasikan dalam wujud unik dengan rasa yang tak kalah menariknya.

Serba kukus

Mungkin sudah tidak populer lagi, tapi camilan berikut ini tak kalah sehatnya. Yakni pisang kepok, ubi, ketela pohon, jagung, jagung, labu kuning, edamame, dan lainnya. Daripada direbus, lebih baik dikukus. Agar zat-zat gizinya tak ikut larut dalam air. Anda pun bisa mengubah penampilannya dengan menambahkan bahan-bahan lain agar lebih menarik. Namun ingat, tetap hindari gula berlebih agar bekal tetap sehat saat disantap. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments