0709

Menjaga Performa Sepeda Motor Tetap Prima

Sebagai salah satu moda transportasi, sepeda motor memang kadang jadi “penyelamat “ kecil. Ia bisa lincah menembus kemacetan, juga ramping untuk diparkir saat Anda perlu ke minimarket atau tempat dengan lahan parkir terbatas. Itu pula sebabnya, meski Anda sudah memiliki mobil, sepeda motor tetap terasa penting untuk dimiliki. Namun walaupun sebagai alat transportasi sekunder, sepeda motor tetap harus dirawat dengan baik agar keselamatan Anda pun terjaga.

Sudah saatnya sepeda motor mendapatkan perlakuan lebih. Tidak lagi menjadi “anak tiri “ yang hanya dipekerjakan tanpa diberi kasih sayang. Sepeda motor yang ngambek, bisa merepotkan Anda juga, lho. Jadi, mulailah lakukan perawatan rutin sepeda motor dari sekarang.

Servis rutin

Jika sepeda motor termasuk jarang digunakan, servis bisa dilakukan 5-6 bulan sekali. Namun, bila frekuensi pemakaian sepeda motor cukup tinggi dan jarak yang ditempuh setiap hari cukup jauh, jarak waktu servis pun bisa semakin singkat. Misalnya 3 bulan atau bahkan 2 bulan sekali jika sepeda motor digunakan untuk perjalanan ke luar kota. Servislah sepeda motor di bengkel resmi. Atau bisa juga mendatangi bengkel langganan yang tepercaya.

Ganti oli

Janganlah melupakan penggantian oli, terutama jika pemakaian sepeda motor cukup tinggi. Paling tidak, gantilah oli sepeda motor jika telah mencapai jarak 3.000 kilometer dan kelipatannya. Namun, jika kondisi kendaraan menurun atau bermasalah, lakukan penggantian oli meski jaraknya belum mencapai 3.000 kilometer. Penggantian oli akan membantu menjaga performa sepeda motor Anda.

Cek kampas rem

Pengecekan kampas rem tidak hanya ketika sepeda motor digunakan di medan jalan yang menanjak dengan turunan dan tikungan tajam. Pengendara sepeda motor yang kerap menghadapi kemacetan di jalan pun tidak boleh meluputkan masalah pengecekan rem. Situasi jalan yang macet dan padat oleh kendaraan tanpa sadar sering membuat kita mengerem. Untuk itulah pengecekan kampas rem menjadi penting.

Periksa busi

Anda juga perlu peka terhadap busi. Sepeda motor yang sukar dihidupkan atau mudah mati biasanya dipicu oleh masalah busi, meskipun ada juga pemicu lainnya. Busi yang menghitam, berkarat, atau kondisi buruk lainnya perlu diganti jika Anda ingin perjalanan tetap lancar.

Kondisi ban

Ban bocor di jalan memang kejadian yang tak pernah bisa diduga. Meskipun demikian, sebaiknya lakukan pengecekan ban sebelum berkendara untuk memastikan tekanan ban sudah tepat. Atau jika tidak ingin direpotkan oleh urusan atau kekhawatiran ban bocor, ada opsi untuk mengganti ban biasa dengan ban nitrogen yang relatif memiliki tekanan pas dan tekanannya tidak begitu terpengaruh jika ban terkena paku. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments