03-2

Menikmati Heningnya Situ Cicinta Maja

Untuk Anda yang ingin berwisata dengan bermodal kereta api dan lokasi tujuan tak jauh dari stasiun, ada jawabnya. Yakni Situ Cicinta dekat stasiun Maja.

Sebuah danau atau waduk langsung menyambut Anda saat turun dari kereta. Tinggal melongok sedikit ke arah luar, danau sudah terpampang begitu indahnya. Hanya membutuhkan waktu tak lebih dari sejam dari stasiun Jurang Mangu untuk tiba di stasiun Maja. Menarik kan?

Stasiun Maja

Perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki saja. Anda dapat menaiki tangga untuk keluar stasiun. Namun jangan terburu-buru. Setelah Anda selesai meniti undakan tangga, berhentilah sejenak. Nikmati panorama sekitar dan jalur kereta yang amat panjang dari atas jembatan penyeberangan. Seolah-olah melambai-lambaikan tangan minta diabadikan. Di samping suasana stasiun yang menyenangkan. Hening, bersih, dan lengkap dengan aneka fasilitas.

Pemandangan dari atas jembatan stasiun.

Setelah sampai di pintu keluar, tak perlu menuju jalan besar. Ada sebuah jalan kecil di sebelah kiri dan agak tertutup. Supaya tidak salah jalan, Anda bisa bertanya pada orang-orang di sekitar. Dari jalan kecil tersebut, Anda akan melewati perkampungan dan menyeberangi rel. Tak sampai lima menit Anda akan tiba di bendungan Situ Cicinta.

Suasana pedesaan sekitar Situ Cicinta.

Danau yang merupakan waduk tersebut begitu tenang. Beberapa pohon berdiri berderet menambah kesejukan. Anda bisa duduk di sekitarnya, di dekat pagar pembatas, sambil menikmati merdunya suara air bergerak riang. Ditambah alam pedesaan dan keramahan orang-orang yang berlalu lalang. Menawarkan keteduhan dan ketenangan.

Pohon rindang dan gemericik air.

Sayangnya, Situ Cicinta belum optimal. Sampah terlihat bertebaran di beberapa titik. Hanya dikelola sebagai sistem pengairan, belum pada tahap wisata. Otomatis tidak banyak fasilitas yang mendukung ramainya pengunjung.

Pemandangan di Situ Cicinta.

Padahal sedikit saja sentuhan apik, dijamin Situ Cicinta makin cantik. Menarik bagi para pelancong yang ingin bersantai sejenak dari riuhnya segala aktivitas harian. (LAF)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments