10

Mengenal Kepribadian Lewat Gaya Tidur

Tidur adalah salah satu saat di mana Anda menjadi diri sendiri. Dalam keadaan tidak sadar, Anda tak peduli dengan pandangan orang maupun sekeliling. Karena itu, beberapa ahli psikologi mengaitkan gaya atau posisi tidur dengan kepribadian.

Inilah beberapa posisi tidur yang berhubungan dengan sifat atau kepribadian. Sesuaikah dengan Anda?

Sering tidur tengkurap

Bila Anda lebih senang atau nyaman tidur dengan posisi nyaris tengkurap, Anda kemungkinan termasuk jenis orang yang perfeksionis, agak kompulsif, gigih, dan fokus pada hasil. Demikian menurut Samuel Dunkell, M.D. psikiater yang juga ahli tidur dari New York.

Sifat ini memang baik untuk karier atau bisnis Anda, namun tidak bagi tubuh Anda. Tidur telungkup bisa memelintir leher ke posisi yang aneh. Dan keadaan ini akan memberi tekanan berlebihan pada tulang belakang. Anda pun jadi sulit untuk menghirup napas.

Agar terhindar dari rasa pegal-pegal atau sakit leher ketika bangun tidur, perlahan ubah posisi tidur Anda seperti pose janin dalam perut dengan berbaring miring. Kempit satu bantal degnan kedua lutut dan letakkan satu bantal di belakang punggung.

Senang tidur telentang

Tidur dengan posisi menghadap langit-langit merupakan tanda bahwa Anda termasuk jenis petualang, percaya diri, dengan jenis kepribadian reseptif.

Tidur telentang baik bagi mereka yang memiliki gangguan nyeri sendi temporomandibularjoint (TMJ), karena akan melepaskan tekanan pada rahang. TMJ adalah masalah pada rahang dan otot pada wajah yang menyebabkan nyeri dan rasa tak nyaman. Bisa sementara atau menetap bertahun-tahun.

Tetapi tidur dengan cara ini bisa memicu tekanan yang tidak semestinya pada jalan napas Anda. Sehingga posisi tidur ini tidak dianjurkan bagi pendengkur. Bila Anda pendengkur berat, coba trik tidur menyamping dengan disangga bantal seperti yang disebutkan sebelumnya.

Nyaman tidur menyamping

Sekitar 73% wanita dan 50% pria merasa nyaman dengan posisi tidur menyamping. Sebagian besar setengah meringkuk seperti posisi janin dengan lutut sedikit tertekuk.

Menurut riset yang dilakukan Samuel, mereka yang tidur dengan posisi ini adalah jenis orang yang cenderung kompromis dan bisa memenuhi tuntutan sekitarnya. Sedangkan mereka yang tidur meringkuk sepenuhnya dengan lutut seperti dipeluk di depan dada biasanya orang yang introspektif dan giat.

Dari kacamata kesehatan, tidur dengan posisi menyamping bisa membatasi dengkuran. Berbaring menghadap samping kiri menjaga perut tetap aktif dan mengurangi heartburn. Demikian yang tercantum pada Journal of Clinical Gastroenterology. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments