08

Memilih Tipe Mobil Sesuai Karakter Keluarga

Membeli mobil tak bisa asal. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Selain fungsinya sebagai alat angkutan harus bisa maksimal, mobil juga mesti membuat nyaman pemilik dan penumpangnya.

Mobil memang bukan lagi sebatas kendaraan. Ia telah menjelma sebagai status sosial dan identitas seseorang atau keluarga. Terlebih banyak orang jual beli mobil demi mengejar tren otomotif yang teranyar. Namun kembali lagi, membeli mobil tetap harus memperhatikan spesifikasinya. Seperti stamina mesin di berbagai area, suku cadang, batas usia, dan sebagainya. Di samping tetap mengutamakan tipe mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Agar tidak merugi di kemudian hari dan mendapat mobil yang pas, teliti dan cermat sebelum membeli.

Kapasitas

Mobil yang baik semestinya menyediakan kursi sesuai jumlah anggota keluarga. Minimal dapat menampung keluarga kecil Anda di rumah, sehingga masing-masing dapat duduk dengan nyaman tanpa harus berimpitan. Umumnya mobil keluarga tersedia untuk empat hingga tujuh orang. Di sisi lain, masih menyisakan sisa ruang untuk memuat barang-barang yang dibutuhkan. Besar atau kecil, tergantung sepenuhnya pada keputusan Anda sekeluarga.

Kebutuhan

Membeli mobil juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin fungsi utamanya bukan lagi sebagai alat mobilisasi anggota keluarga, tapi sebagai tempat mencari nafkah. Atau sarana cepat mengirimkan barang dagangan. Sehingga mobil yang pas adalah mobil berskala besar atau mudah dimodifikasi. Misalnya membeli mobil untuk food truck atau usaha catering yang jelas berbeda ukurannya dengan mobil keluarga biasa.

Medan

Telisik lebih dalam kemampuan mobil saat bertemu medan atau area yang akan sering Anda kunjungi. Untuk dalam kota dan jarak dekat, nampaknya Anda membutuhkan mobil dengan spesifikasi yang biasa saja. Tapi beda cerita jika medan yang sering Anda tempuh merupakan  jalan yang terjal dan berbatu-batu. Mobil dengan kapasitas mesin dan bertenaga besar mungkin lebih tepat, dibanding jenis city car.

Harga

Urusan membeli tak pernah lepas dari label nilai barang itu sendiri, yakni harga. Walau mahal atau murah itu relatif bagi tiap orang, tapi pilih mobil sesuai bujet Anda. Sekiranya memang anggaran terbatas, pilih mobil yang dibanderol harga rendah, namun tetap dijamin awet dan aman. Daripada memaksakan diri membeli mobil yang berharga tinggi, tapi membuat tekor keuangan dalam waktu yang lama.

Bahan bakar dan onderdil

Pastikan mobil idaman irit bahan bakar dan mudah mendapat ganti suku cadang. Sebab beberapa mobil impor mesti menunggu onderdil dari negara asal bila mengalami kerusakan. Mobil yang boros bahan bakar juga merugikan, karena harus merogoh kocek lebih dalam.

Kelas ekonomi atau eksekutif

Mobil kelas ekonomi atau eksekutif tentu berbeda rasa. Pilihlah tipe mobil yang nyaman digunakan sehari-hari. Namun, tetap utamakan unsur keselamatan. Artinya, mobil tersebut memiliki fitur-fitur yang bisa melindungi Anda dengan maksimal bila terjadi kecelakaan atau situasi mendadak lainnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments