22

Memanfaatkan Ruang Kecil di Rumah

Bukannya sengaja dibiarkan kosong, tapi terkadang ruang-ruang kecil di rumah luput dari perhatian. Padahal ruang-ruang kecil bisa menyokong fungsi ruang yang lebih besar bila perannya dioptimalkan. Menambah penampilan rumah makin ciamik dan tertata apik. Jadi, jangan lewatkan ruang-ruang kecil yang menyimpan sejuta guna.

Walau sekilas nampaknya sudah tak mungkin lagi difungsikan, coba pikir ulang. Mungkin mencuri ide desain di internet atau referensi lain bisa membantu. Tinggal sedikit sentuhan sudah menghasilkan banyak guna. Tentunya sesuaikan dengan dekorasi rumah agar tidak terkesan mengada-ada, atau terlalu kontras. Tambahkan warna baru dan alat-alat untuk menunjang, seperti rak buku dan wallpaper bila perlu. Ruang kecil berubah jadi baru, seolah berklamufase mengelabui mata yang melihatnya.

Dari menyimpan barang-barang yang jarang terpakai sampai jadi pemanis suasana, ruang kecil tetap memiliki arti sebagai bagian dari rumah itu sendiri. Apalagi jika Anda tak mempunyai gudang khusus. Berikut beberapa ruang kecil yang tak boleh dilewatkan.

Bawah loteng

Lokasi di bawah loteng sedang menjadi tren. Ketimbang kosong, Anda bisa mengubahnya menjadi fungsional. Semacam gudang mini untuk menyembunyikan barang-barang. Misalnya peralatan kebersihan atau pakaian yang sudah lama tidak digunakan. Ubah bentuknya jadi lemari miring dengan beberapa pintu tertutup atau sesuai selera Anda.

Kolong tempat tidur

Kolong tempat tidur juga dapat dimaksimalkan. Sangat ideal dalam mendukung Anda mengemas barang-barang. Bahkan sekarang sudah banyak ranjang yang dilengkapi laci-laci pada bagian bawahnya. Bisa Anda gunakan untuk meletakkan pakaian khusus, atau selimut hangat. Jadi sewaktu-waktu diperlukan, Anda hanya perlu menunduk sebentar. Lemari tambahan di kamar pun tak dibutuhkan, kamar jadi lebih melegakan.

Dekat jendela

Banyak yang tidak menyadari area dekat jendela masih dapat difungsikan lagi. Misalnya meluaskan tepi jendela bagian bawah sehingga bisa diduduki. Anda atau anak bisa menghabiskan waktu dengan membaca dan bermain bersama. Cara lain menikmati ruang kecil yang jarang terpikirkan.

Koridor

Jangan biarkan bagian koridor hanya kosong melompong. Bila sempit, Anda bisa meletakkan rak yang menempel di dinding untuk meletakkan hiasan, buku, barang lainnya, atau sebagai gantungan jaket dan topi. Sebaliknya, bila koridor lebih lebar, lemari atau rak besar dapat mengisinya. Menambah semarak orang yang melewatinya, karena koridor tak sunyi atau terkesan suram lagi.

Sudut ruangan

Sudut-sudut ruangan juga kerap terabaikan. Baik bentuknya 90 derajat atau lengkung, tetap berguna untuk kecantikan rumah Anda. Rapatkan meja persegi pada dinding, plus sepasang kursi, sudut ruangan pun berubah jadi meja makan yang unik. Atau buat model sofa untuk dinding yang melengkung dan tambahkan meja kecil di depannya. Sudut ruangan dapat berfungsi menjadi ruang santai untuk keluarga.

Teras belakang

Teras belakang yang umumnya sempit dan terbatas dapat pula Anda optimalkan. Lengkapi dengan payung peneduh, meja beserta pasangannya, bisa jadi opsi untuk bersantai. Letakkan saja lemari atau rak untuk menampung barang-barang. Makin manis, bila kesan hijau dari tanaman hias ikut turut serta. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments