2112

Masalah yang Sering Menghampiri AC Mobil

Bila AC mobil bermasalah, bisa dipastikan perjalanan ikut mengalami gangguan. Seisi penghuni mobil tak nyaman dan jadi gerah kepanasan. Masalah yang menimpa AC bisa bermacam-macam. Kenali jenisnya sehingga Anda bisa mengantisipasi.

AC bukan sembarang komponen yang berperan mendinginkan suhu dalam mobil. AC harus selalu sehat terawat karena udara yang dialirkan dihisap oleh penumpang secara langsung. Sedikit mengandung kuman atau debu tentu mengundang penyakit membahayakan. Tak hanya itu, mesin mobil juga terpengaruh saat AC rusak.

Segera tangani masalah AC hingga tuntas. Daripada muncul satu masalah yang dibiarkan lama sampai merangsang munculnya masalah yang lain.

Bau menyengat

Begitu mesin dinyalakan dan tercium bau tak enak, adalah tandaAC harus segera dibersihkan. Bau tersebut berasal dari endapan bakteri, jamur, mikroorganisme, dan debu yang tertumpuk dalam komponen AC. Anda hanya perlu membersihkan bagian AC, meliputi evaporator, blower, grill, dan filter. Atau saluran tempat keluar masuknya udara.

Penyebab lain AC berbau tak sedap adalah asap rokok, bau makanan yang tajam seperti durian, sering membuka jendela saat mobil berjalan dan lain-lain. Sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan tersebut agar udara di dalam mobil senantiasa bersih dan sehat.

Kurang dingin

Tak jarang sekalipun sudah dalam suhu minimum, AC mobil tak terasa dingin. Bisa jadi karena ada masalah pada thermostat, kondensor, evaporator, atau terjadi kebocoran. Pertama, Anda perlu mengecek kondisi stelan thermostat, apakah masih baik atau tidak. Selanjutnya, bersihkan kotoran yang menempel pada evaporator. Gunakan alat yang aman agar tidak merusak komponen.

Anda juga perlu memeriksa bagian kondensor. Umumnya kondensor tertutup plastik atau benda lain sehingga tidak mampu melepaskan panas refrigrant dari kompresor. Buang kotoran dan benda yang menghalangi. Terakhir, cek lebih dalam bila ada celah dan kerusakan isolasi di sekitar kabin. Udara yang seharusnya lebih murni jadi bercampur dengan udara luar, sehingga terasa panas.

Karena langkah yang ditempuh cukup rumit, bila Anda ragu, baiknya bawa saja mobil ke bengkel untuk mengembalikan udara terasa sejuk kembali.

Air menetes di bagian bawah kendaraan

Sering melihat air menetes di bagian bawah kendaraan? Sebenarnya fenomena tersebut bukan masalah. Justru menjadi indikator mobil bekerja dengan baik. Air yang menetes adalah udara yang mengembun dan melewati evaporator. Dalam bagian evaporator terdapat bak penampung, yang dari waktu ke waktu tidak dapat menampung banyaknya air. Oleh karena itu, air tumpah keluar dan menetes pada bagian bawah mobil. Air akan semakin deras menetes saat mesin dinyalakan dan mobil bergerak di jalan.

Air menetes di dashboard

Lain cerita bila air menetes di bawah dashboard. Ini adalah masalah serius yang dapat disebabkan kebocoran atau sumbatan. Rata-rata terletak pada bagian evaporator yang putus atau terhimpit, sehingga air yang seharusnya dibuang keluar malah meluber ke dalam kendaraan. Bersihkan pula debu dan kotoran yang menutup ujung saluran air di kolong mobil untuk mempelancar lagi saluran air . (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments