foto2201

Manfaat Positif Reuni yang Perlu Anda Tahu

Jadikan reuni acara yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Bukan hanya mengenang masa lalu, tapi juga merajut masa depan yang lebih cerah.   

Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah.

Apakah Anda sepakat dengan cuplikan lagu “Kisah Kasih di Sekolah” yang pernah dipopulerkan oleh penyanyi almarhum Chrisye ini? Jika ya, mari bertualang  ke masa lalu sejenak. Ada tawa ceria bersama teman se-geng. Ada pengalaman dipuji atau dihukum guru. Ada juga kisah cinta monyet yang terasa menggelikan bila diingat kembali. Jika merindu masa sekolah, mengapa tidak menggelar reuni?

Sayang, reuni terkadang dipandang negatif. Karena lewat ajang ini, cinta lama kerap bersemi kembali. Padahal masing-masing sudah memiliki pasangan. Atau reuni menjadi ajang untuk pamer kesuksesan. Kalau Anda memang benar-benar sudah sukses mungkin tak masalah. Yang merana ketika ada undangan reuni adalah yang jalan hidupnya setelah lulus kurang beruntung.

Cari yang positif

Mungkin dalam beberapa kasus, reuni memang bisa berdampak negatif. Tetapi efek positif reuni juga tak sedikit. Inilah beberapa manfaat reuni yang bisa Anda petik.

Silaturahim. Dalam reuni, kita akan bertemu kembali dengan teman-teman lama semasa sekolah. Hubungan dengan teman akrab semasa sekolah mungkin sempat terputus karena hilang komunikasi atau tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Reuni ini adalah wadah untuk merekatkan kembali relasi di sekolah. Kerenggangan hubungan pertemanan akan berkurang dan Anda bisa mendapatkan teman yang lama “menghilang”.

Mengenang cerita. Reuni juga bisa menjadi ajang bertukar cerita dengan teman-teman lama. Tentu tidak hanya soal kabar terbaru teman-teman tetapi juga mengingat kembali masa-masa yang telah berlalu. Misalnya, membicarakan tentang kabar guru-guru di sekolah lama atau kondisi sekolah saat ini. Cerita-cerita sederhana ini terdengar ringan. Namun, justru cerita-cerita ringan ini yang membuat ajang pertemuan bernama reuni menjadi menarik.

Perluasan jaringan. Kesibukan kerja bisa membuat Anda “lupa” bergaul. Bertemu dengan teman-teman lama tidak hanya memperkuat jaringan yang melonggar, tetapi siapa tahu teman lama Anda memiliki relasi dengan orang-orang lain yang dapat mendukung usaha, bisnis, karier, atau pertemanan Anda. Kesepakatan bisnis bisa jadi bermula dari ajang reuni.

Anda juga bisa bertukar informasi seputar pekerjaan atau bisnis dengan teman-teman lama. Atau dapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dari teman-teman lama Anda. Anda pun bisa lebih mengembangkan diri berkat reuni.

Dewi (30), salah satu karyawan perguruan tinggi di Yogyakarta, mengaku kampusnya selalu berusaha mengadakan reuni di Jakarta dengan mengundang almamater kampus. Selain berkumpul dan bersilaturahim antar-alumni, ajang reuni ini juga bertujuan untuk membangun jaringan antara kampus dengan para almamaternya.

Jaringan antara kampus dengan para alumni atau sesama almamater ini penting. Salah satunya, kampus akan membutuhkan informasi lowongan kerja dari para alumni untuk mahasiswa yang baru lulus. Para alumni pun akan lebih mudah mendapatkan calon karyawan yang merupakan adik-adik kelasnya.

Contoh lainnya, ketika kampus akan menggelar sejumlah acara, misalnya seminar, jaringan alumni ini bisa dimanfaatkan. Para alumni bisa menjadi narasumber dalam acara yang digelar kampus atau mendukung penyelenggaraan acara di kampus.

Reuni memang banyak manfaatnya. Tinggal kita sendiri yang harus memilih, apakah sisi positif reuni akan diambil atau sisi lain yang bikin hidup lebih rumit? [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram@ETALASEBINTARO

Comments

comments