kumpul keluarga

Manfaat Hebat Acara Kumpul Keluarga

Acara kumpul keluarga ternyata memiliki banyak manfaat, bukan sekadar tukar cerita. Mumpung masih momen liburan, yuk, ajak sebanyak mungkin kerabat untuk berkumpul.

Lewati malam pergantian tahun dengan berkumpul bersama keluarga besar. Apalagi jika sebagian besar kerabat tidak mempunyai agenda khusus liburan untuk akhir tahun ini. Pilih salah satu lokasi untuk menjadi tuan rumah. Kalau tak ada yang mau direpotkan, sewa saja sebuah vila yang cukup menampung keluarga besar.

Agar tak repot menyiapkan makanan, Anda bisa merancang acara ala potluck, masing-masing keluarga membawa makanan lalu disantap bersama-sama. Tentu cara ini akan lebih seru dan ekonomis, serta makanan jadi beragam.

Banyak orang menganggap acara kumpul keluarga hanya untuk mempererat tali kekerabatan dan mendekatkan hubungan keluarga. Atau wadah untuk saling tukar cerita. Nyatanya, manfaat kumpul keluarga besar lebih dari itu. Beberapa sumber mengungkapnya.

Mendekatkan yang jauh. Boleh jadi selama ini Anda telah berkomunikasi dengan kerabat lewat grup di sosial media atau aplikasi seperti whatsapp dan line. Namun komunikasi tatap muka tetap lebih efektif dalam merekatkan hubungan. Informasi dari USAtoday.com mengungkapkan, tujuan dari reuni keluarga atau kumpul keluarga besar ini antara lain mempertemukan kembali kerabat yang jarang ditemui dan mendekatkan kembali sanak saudara yang jauh agar lebih dekat.

Sebagai contoh, meskipun Anda telah memiliki keluarga inti sendiri. Namun, kenangan tentang seorang paman dari pihak ibu terus muncul. Hanya dalam reuni atau pertemuan keluarga besar inilah kenangan bisa terwujud menjadi nyata kembali. Tukar sapa sederhana bisa menjadi pendukung relasi keluarga.

Transfer nilai. Acara kumpul keluarga juga bisa menjadi media untuk transfer nilai-nilai keluarga yang berasal dari nenek moyang.  Mungkin sebagian nilai dari nenek moyang tidak bisa persis diterapkan untuk zaman sekarang. Meskipun demikian, nilai-nilai ini dapat dibuat lebih fleksibel dengan menyesuaikan kondisi terkini. Sebagai contoh, bersikap sopan santun pada orang yang lebih tua.

Mengenalkan kerabat pada anak. Bagi anak-anak, acara kumpul keluarga tidak kalah bermanfaat. Dalam acara kumpul keluarga, anak-anak bisa mengenal saudara sepupu atau kerabat lain. Ketika bermain bersama, anak-anak juga akan belajar tentang kerja sama dan semakin akrab dengan saudara-saudara mereka. Anak-anak pun bisa mempelajari silsilah keluarga agar mereka tak lupa dengan “akar” mereka.

Sarana mendongeng. Kakek-nenek yang bercerita tentang masa muda bisa menjadi semacam dongeng seru untuk anak-anak. Cerita pengalaman hidup kerabat yang berumur lanjut juga akan memberikan pelajaran untuk mencari solusi ketika menghadapi persoalan serupa.

Lingkungan bermain yang aman. Dalam acara kumpul keluarga, anak-anak juga akan mendapatkan lingkungan bermain baru yang aman dan menyenangkan. Hal ini disebutkan dalam Understood.org. Lingkungan bermain anak bisa disebut aman karena berada di lingkaran keluarga sendiri. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang pergaulan anak jika anak tengah bermain bersama sepupunya.

Memberikan role model pada anak. Dengan bertemu lebih banyak kerabat yang berusia lebih tua dan berbagi pengalaman, anak pun bisa mendapatkan role model baru. Selama ini yang menjadi role model anak-anak adalah orangtua. Namun, berkat kumpul keluarga, anak bisa mendapatkan inspirasi dari kerabat keluarga lainnya tentang sosok yang bisa jadi panutan.

Mengenal karakter anak. Dalam ajang pertemuan keluarga, orangtua pun bisa lebih mengenal karakter anak-anaknya. Sebagian anak mungkin menjaga sikap agar tetap halus dan tertata ketika di rumah. Namun, ketika bermain dengan kerabat sendiri, sifat-sifat anak akan tampil apa adanya. Minat anak pun bisa terlihat. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments