11

Makanan Praktis Agar Sahur Terkejar

Sering kali terjadi sahur terlewat begitu saja. Selain karena bangun terlambat, alasan menyiapkan makanan terlalu lama juga menjadi alasan yang mendominasi. Sebab itulah kita perlu menyimpan bahan makanan yang praktis untuk injury time seperti ini.

Ya, saat kita bangun menjelang waktu sahur berakhir, tentu kita dibuat kalang kabut. Mau masak, waktu tidak keburu. Jangan-jangan hanya air putih yang bisa ditenggak. Tak kebayang bagaimana Anda akan menjalani puasa tanpa asupan yang mencukupi.

Di sinilah pentingnya peran bahan makanan yang praktis dipersiapkan. Pun saat memasak hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Jadi sedekat apapun dengan batas akhir waktu sahur, setidaknya Anda tetap dapat mengonsumsi makanan. Walau porsinya sedikit, sudah bisa menjadi bekal agar perut tidak terlalu kosong.

Berikut makanan praktis untuk sahur. Mengandung kalori yang cukup dan sebagai sumber tenaga selama Anda menjalani puasa.

Roti

Sebagai salah satu sumber karbohidrat, roti bisa menjadi pilihan. Upayakan agar selalu ada di rumah sebagai bahan cadangan. Selama tidak melewati masa kadaluarsa, roti tinggal disantap saja. Tidak membutuhkan proses memasak. Kecuali jika Anda ingin menambahkan selai atau toping sesuai selera. Jenisnya pun variatif. Mau rasa tawar atau rasa lainnya juga sangat mudah ditemukan.

Oat

Bahan makanan yang dapat Anda simpan di rumah selain roti adalah oat. Belum jamak di konsumsi, tetapi kandungan kalori dan karbohidratnya sangat membantu. Nutrisi yang dimiliki juga tak kalah berharga. Tinggal diseduh dengan air panas, Anda bisa langsung memakannya. Bila tidak ingin rasanya terlalu tawar, tinggal tambahkan susu atau pasta coklat.

Mie instan

Sudah terkenal praktis dan irit waktu, mie instan sangat menolong. Terutama saat-saat mendesak agar tidak tertinggal sahur. Sifatnya juga mudah mengenyangkan dan terkenal enak di lidah. Asal tidak setiap hari dikonsumsi, mie instan layak disimpan guna mengatasi kondisi darurat.

Buah segar

Buah segar juga tak boleh ketinggalan. Minimal hadirkan buah seperti apel, pisang, semangka, atau kurma di rumah. Selain mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga, buah juga sarat vitamin dan mineral.

Makanan kaleng

Banyak makanan kaleng yang dapat Anda optimalkan manfaatnya. Contohnya saja ikan sarden, daging olahan (cornet), potongan buah, dan sebagainya. Ada yang bisa langsung dimakan, tapi ada pula yang perlu dimasak kembali walau hanya sebentar. Praktis dan berguna membantu Anda.

Minuman seduh

Minuman seduh instan juga berperan besar. Anda cukup mengeluarkan isinya ke dalam wadah atau gelas, dan tambahkan air panas. Banyak minuman seduh yang telah ditujukan sebagai pengisi energi saat perut kosong. Perut kenyang, nutrisi tidak terabaikan.

Susu  

Susu juga mampu menjadi solusi. Mudah disajikan karena Anda tinggal membuka bungkusnya dan menuangkan ke dalam gelas. Langsung diminum begitu saja atau untuk teman pendamping makanan lainnya juga tak masalah. Pastinya, susu juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments