08

Liburan Sempurna di Rumah!

Terkadang, sebuah liburan tak harus berarti bepergian. Bagi Anda yang sudah sering ke luar kota untuk bekerja, diam di rumah bisa jadi liburan yang diidamkan. Tambahkan dengan berbagai hal yang bisa membuat liburan Anda jadi sempurna.

Segala hal yang ada di rumah Anda memiliki potensi untuk membuat Anda lebih relaks, mengatasi stres, menenangkan saraf, dan mengembalikan energi. Terdengar seperti sebuah liburan ‘kan? Plus Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki tubuh dan pikiran sesegar sehabis liburan di luar kota. Ikuti saja cara-cara ini.

Buat pojok hening

Coba Anda perhatikan, spa selalu mengondisikan ruangannya hening dan minim cahaya. Hal tersebut memang dirancang agar Anda merasa terlindungi, nyaman, dan aman. Karena itu buat efek seperti ini di rumah.

Caranya tak sulit. Salah satunya dengan mengganti sarung bantal Anda dengan yang berwarna hijau muda atau semburat biru. Kedua warna tersebut memiliki efek menenangkan. Kemudian redupkan cahaya di salah satu sudut ruangan yang cukup hening.

Matikan semua peralatan elektronik. Ya, termasuk ponsel Anda. Singkirkan hal yang bisa jadi pengganggu. Gunakan bantal sebagai sandaran atau alas, dan tutup mata. Fokuskan perhatian pada napas secara perlahan. Ambil napas selama lima hitungan, dan buang dalam lima hitungan pula. Lanjutkan hingga Anda seperti dalam keadaan meditasi selama 30 menit.

Kembali ke alam

Hanya dengan menyentuh tanaman rumah saja sudah bisa menimbulkan efek relaksasi di otak. Apalagi daun tanaman bertindak sebagai penyaring alami terhadap polutan dan alergen yang ada di dalam udara di dalam ruangan Anda.

Ada beberapa tanaman yang bisa Anda pilih, seperti spider plants, lidah buaya, atau peace lily. Satu jenis tanaman saja sudah mampu memurnikan udara hingga seluas sembilan meter persegi.

Minum jus

Inilah salah satu cara praktis untuk memperoleh nutrisi yang terkandung pada sayuran dan buah. Keduanya juga dikenal berkhasiat membantu mengatur protein yang berfungsi menstabilkan mood yang ada di otak Anda. Coba jus campuran bayam dengan jeruk nipis, jahe, dan apel.

Menghirup aroma

Aroma bisa mengaktifkan pusat ingatan di otak. Aroma juga memiliki kekuatan untuk mengubah pola pikir dan membantu Anda meredakan rasa sakit. Aroma jeruk misalnya. Kalau Anda sedang kesal, menghirup aroma jeruk akan membantu menghilangkan mood jelek tersebut. Sedangkan aroma yang manis seperti apel hijau, berkhasiat meredakan migren.

Aroma yang bisa punya manfaat terbesar bagi Anda adalah aroma yang Anda senangi. Pilih yang berbentuk lilin yang terbuat dari kedelai atau dalam bentuk minyak esensial organik. Bisa juga menggunakan sabun yang beraroma alami.

Dengarkan air

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berada di dekat air atau mendengarkan suara air mengalir bisa menurunkan detak jantung dan tingkat stres. Selain itu juga mampu membuat Anda relaks dan merasa tenang. Bahkan hanya dengan melihat air saja sudah punya efek serupa.

Miliki air terjun mini yang bisa diletakkan di atas meja, atur lilin di atas vas yang diisi air yang jernih, atau beli desktop fish tank. Kalau ruangan Anda terbatas, gantung foto dengan pemandangan laut atau sungai, atau ganti screen saver di layar komputer dengan sesuatu yang bernuansa air. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments