03

Kuliner Betawi yang Bikin Rindu

Budaya Betawi banyak dipengaruhi oleh berbagai budaya lain, sehingga membuatnya dinamis. Pun kulinernya, kaya cita rasa. Masakan khas Betawi sendiri dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab. Meski masakan Betawi masuk ke dalam makanan rakyat, ternyata pas juga dijadikan sajian di hotel berbintang.

Seperti yang terjadi pada Jumat (2/2) di Hotel Santika Premiere Bintaro. Pada hari itu, aneka masakan khas Betawi menjadi sajian acara Corporate & Media Gathering yang diadakan oleh Santika Indonesia Hotels & Resorts Regional Banten dan Depok.

Beberapa masakan khas Betawi yang mulai jarang ditemui di masyarakat tersaji di sana. Inilah beberapa masakan Betawi yang mencuri perhatian para tamu.

Gabus pucung

 

Ini adalah makanan berbahan dasar ikan gabus. Ikan yang disebut-sebut tinggi albumin (sejenis protein untuk penyembuhan luka) ini, digoreng lalu disiram kuah kental berwarna kehitaman. Kuah berwarna kehitaman merupakan hasil dari bahan pucung atau kluwek, seperti yang kerap dipakai dalam masakan rawon.

Sayur babanci

 

Sayur ini mulai sulit ditemukan, karena bahan dan rempah-rempah untuk membuat sayur ini mulai jarang dijual di sekitar Jakarta. Beberapa rempah yang digunakan untuk masakan ini antara lain, kedaung, botor, tai angin, bangle, dan banyak lagi. Dinamakan babanci karena meski disebut sayur namun tidak ada sayur dalam campurannya. Justru daging dari kepala sapi yang jadi bahan utamanya. Namun sekarang, banyak yang membuat sayur babanci dengan bahan sayuran, seperti jagung dan terong.

Jengkol pecak tembang

 

Jengkol pasti Anda sering lihat, tapi pecak tembang mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Maklum saja, masakan ini memang mulai langka. Dulu, orang Betawi asli memasak bumbu pecak tembang menggunakan genteng dan arang untuk proses pembakaran. Cara ini oleh orang Betawi disebut hau (dapur kayu). Selain jengkol yang diolah dengan cara pecak tembang, ikan asin pun kerap diramu dengan bumbu pecak tembang. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments