17

Kiat Sukses Ajari Anak Mandiri Membilas Kotoran

Membilas kotoran setelah selesai buang hajat perlu dilakukan mandiri oleh anak-anak. Tahapan ini baru bisa dilakukan oleh anak setelah lulus dari toilet training. Atau bisa dikatakan, merupakan tahap lanjut untuk menyempurnakan aktivitas buang air kecil maupun besar. Waktu yang dibutuhkan pun tergantung dari kesiapan masing-masing anak, namun orang tua harus terus melatihnya.

Membilas kotoran bukan aktivitas tanpa makna. Ada nilai-nilai kebersihan yang perlu diterapkan pada anak sejak awal. Tentang kebersihan dirinya sendirinya yang menyangkut kesehatan pribadi, terutama organ vital. Dari membilas kotoran pula, anak belajar tentang menjaga kebersihan kamar mandi. Ada hak orang lain yang perlu diprioritaskan untuk mendapatkan kamar mandi yang bersih dan sehat. Sebab, mungkin kotoran yang  tertinggal akan menjadi faktor penyebaran penyakit.

Berikut kiat-kiatnya agar anak bisa mandiri membilas diri dari kotoran.

Beri contoh

Berikan contoh secara langsung agar anak bisa melihat tahap yang harus dilakukan. Saat membilas organ vital anak sertai dengan penjelasan sederhana bagian-bagian mana saja yang harus dibersihkan. Mulai dari organ vital, tangan, kaki, bagian toilet, maupun lantai kamar mandi yang juga perlu diperhatikan kebersihannya.

Tidak bisa sekali, ulangi terus hingga anak mengingat tiap langkahnya dan bisa melakukannya sendiri dengan benar. Bila ada yang terlewat, ingatkan lagi. Tentunya dengan bahasa yang menarik dan menyemangati. Tiap daerah atau keluarga mempunyai cara bilas kotoran yang berbeda, untuk itu sesuaikan dengan kebiasaan masing-masing.

Cara membasuh

Beda cara membasuh alat kelamin untuk anak perempuan dan laki-laki. Untuk anak perempuan, ajarkan untuk membersihkan alat kelamin menggunakan tangan kiri. Dimulai dari bagian depan atau vagina kemudian dilanjutkan ke bagian belakang atau anus. Anak bisa diberikan gayung atau saluran air yang menyatu dengan toilet.Begitu pula dengan pemakaian sabun. Hindari mengusapkan sabun pada bagian vagina secara berlebihan.

Sedang anak laki-laki bagian terpenting yang harus bersih adalah penis. Baik setelah buang air kecil atau besar, penis dan anus harus senantiasa dibilas.

Anak bisa membasuh alat kelamin sambil duduk atau jongkok, tergantung posisi toilet yang ada di rumah. Setelah selesai, minta anak untuk mengeringkan alat vitalnya dengan handuk bersih atau tisu. Tahapan yang mesti dilalui bisa diterapkan untuk toilet di rumah maupun di toilet umum.

Cuci tangan

Jangan lupa untuk mengajak anak cuci tangan setelah semua rangkaian bilas membilas selesai. Terutama bagian tangan yang telah bersentuhan langsung dengan organ keluarnya kotoran. Berikan sabun yang aman untuk tangan anak-anak.

Kebersihan toilet

Tahap akhir yang tak bisa dikecualikan adalah kebersihan toilet itu sendiri. Anak bisa menekan tombol flush begitu selesai buang hajat. Atau menyiramkan air dengan gayung sampai bersih untuk toilet jongkok. Di samping memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di pinggir toilet apalagi di bagian lantai kamar mandi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments