26

Ketahui Khasiat Buah dari Warnanya

Tak hanya menggugah rasa, warna buah juga menyimpan aneka khasiat. Ini karena senyawa berbeda yang dikandung oleh masing-masing buah. Karena itu, lengkapi meja makan Anda dengan buah yang berwarna-warni, agar manfaatnya optimal.

Masing-masing warna melambangkan senyawa spesifik (fitokimia) untuk melawan berbagai macam penyakit.  Walaupun berbeda, warna yang satu dengan yang lain saling melengkapi dan makin menguatkan stamina Anda. Oleh karena itu, sehari-hari, konsumsi buah-buahan dengan warna yang beragam, disamping dalam jumlah yang cukup. Tidak terbatas pada warna dan jenis yang itu-itu saja.

Untuk mengetahui lebih dalam, mari kita kupas satu-satu.

Hijau

Hijau bukan hak milik tunggal sayuran tapi juga buah, yang sama-sama dipengaruhi oleh zat klorofil. Kandungan utama buah yang berwarna hijau adalah asam alegat. Efektif berhadapan dengan bibit sel kanker, menjaga tekanan darah stabil, memproteksi tulang dan gigi, merawat kesehatan mata, dan melancarkan pencernaan.

Tentu saja warna hijau juga mengandung zat lain yang kompleks. Seperti aneka vitamin, fosfor, folat, kalsium, magnesium, dan beta-karoten. Selain itu ampuh melawan penuaan dini. Bila ingin merasakan sederet manfaat tadi, Anda cukup memilih alpukat, kiwi, melon, apel hijau, dan lainnya.

Merah

Buah yang berwarna merah kerap kita jumpai di pasaran. Warna tersebut didapat dari senyawa anthicyanin dan likopen. Mempunyai tugas untuk menangkal kanker, memperlancar kandung kemih, menyehatkan aliran darah ke jantung, melindungi tubuh dari serangan virus, mencegah infeksi, dan melambatkan penuaan dini yang terjadi terlalu cepat. Warna merah pada buah juga terkenal mengandung antioksidan yang sangat bagus bagi tubuh. Untuk memperolehnya, konsumsi anggur merah, pepaya, semangka, jambu biji, stroberi, buah delima, cherry, dan jenis lainnya.

Kuning

Kuning yang melapisi kulit buah, menandakan adanya vitamin C yang begitu kuat dan kandungan beta karoten yang tinggi, serta kalium. Cocok bagi Anda yang ingin menjaga kecantikan dengan menghambat proses penuaan dini, melindungi sel-sel tubuh dari kerapuhan, dan segera meremajakan sel-sel bila terjadi kerusakan. Buah berwarna kuning juga berisi mineral yang cukup untuk membantu mengisi kebutuhan tubuh setiap hari. Temukan khasiatnya dalam berbagai jenis sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lainnya. Serta buah nanas, mangga, belimbing, dan nangka.

Ungu atau warna gelap

Tak kalah tangguhnya, ungu atau warna yang gelap menyelimuti tubuh buah bisa memberikan aneka guna. Warna ungu atau gelap diperoleh dari senyawa flavonoid anthocyanin. Bermanfaat untuk menjaga daya ingat, menghambat terbentuknya gumpalan di pembuluh darah, serta menjauhkan tubuh dari penyakit jantung, stroke, dan kanker. Selain itu juga terdapat antioksidan dan mampu menjaga stamina bila dimakan setiap hari. Untuk itu ambil manfaatnya dari jenis berry, apel merah tua, plum, dan kismis.

Putih

Buah berwarna putih manjur untuk menurunkan serangan jantung, serangan stroke, menjaga kestabilan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Manfaat yang didapat dari zat antoxantin, yang banyak dikandung oleh leci, pir, kelengkeng, dan bengkuang. Buah dengan warna putih juga kaya vitamin dan serat. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments