26

Kenapa Midnight Sale Tak Harus Dikejar?

Midnight sale memang menggiurkan. Barang-barang kompak turun harga. Namun, benarkah kita harus ikut perburuan di tengah malam? Ada beberapa alasan mengapa lebih baik kita tak usah ikut meramaikannya.

Tidak hanya satu, beberapa galeri besar di mal mengadakannya terkait hari-hari besar tertentu. Menyambut ulang tahun suatu kota, milad mal itu sendiri, tahun baru, atau event lainnya. Produk yang terkenal branded dengan harga selangit, ditawarkan dalam banderol baru. Terkadang mencapai separuhnya dari harga awal. Tawaran yang sangat menjanjikan bagi yang suka berbelanja atau yang telah lama mengidam-idamkannya.

Walau begitu bukan berarti tanpa tantangan sama sekali. Waktu yang diberikan hanya beberapa hari saja. Dengan batasan waktu yang dimulai tengah malam dan berakhir dalam beberapa jam. Pun tidak semua barang yang terpajang bisa diobral murah. Sebagian produk yang memang tidak bisa diturunkan nilainya, akan tetap dipertahankan pada harga yang tinggi. Kalaupun bertuliskan diskon, harga akhir yang mesti ditebus tetap saja tidak murah.

Pertimbangkan kembali, sebelum Anda merencanakan pergi. Midnight sale tak selamanya harus dikejar.

Kebutuhan atau keinginan

Tinjau ulang barang-barang yang ingin diburu. Meski barang yang Anda incar jatuh pada harga yang terendah. Saat memang merupakan kebutuhan, sudah selayaknya diperjuangkan. Namun jika terjebak pada pengaruh diskon besar-besaran, sebaiknya Anda pikir ulang.

Utamakan kebutuhan daripada menuruti angan-angan. Melakukan aktivitas belanja memang memuaskan, apalagi dengan iming-iming diskon. Tetapi juga menyisakan kebiasaan yang tak sehat. Yakni membuat diri lekat dengan hedonisme dan kerap merasa tak cukup dengan apa yang kita punya.

Terjebak kerumunan

Sudah pasti Anda akan berada dalam kerumunan. Sama-sama tak ingin ketinggalan potongan harga. Berebut barang yang tergeletak dalam boks atau spot tertentu. Bahkan midnight sale sering tampil bak penjarahan begitu waktu mulai berlaku. Antrian kasir pun mengular panjang.

Memicu diri mendapat barang apa saja daripada tidak sama sekali. Produk yang lagi-lagi belum tentu pas untuk kebutuhan sehari-hari maupun keluarga. Belum lagi cedera fisik yang harus siap dihadapi karena jatuh bersenggolan, dan lainnya.

Siap menjebol tabungan Anda

Beruntung bila Anda sudah menyiapkan tabungan khusus untuk menikmati diskon midnight sale jauh-jauh hari. Tapi buat yang belum akan merenggut keuangan secara drastis. Misalnya Anda asal ambil barang dan tinggal gesek kartu bayar tanpa perhitungan yang matang.

Akibatnya, di akhir bulan Anda harus berhadapan dengan tagihan. Kondisi yang menjebak dan membuat kacau urusan finansial.

Masih banyak musim diskon lainnya

Jangan hanya terpaku pada midnight sale saja. Diskon menyebar beberapa kali dalam setahun. Seperti musim yang terbagi rata dan terjadi tepat pada waktunya. Tak perlu memaksa diri saat tabungan belum mencukupi. Atau demi mendapat sensasi belanja dini hari.

Masih banyak kesempatan untuk meraih barang dengan harga yang murah. Potongan harga yang digelar dalam jangka waktu lebih lama dan merata hampir pada seluruh barang. Dan yang terpenting, tidak membuat kita mengorbankan waktu istirahat malam. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments