0812

Kenali Masa Kadaluarsa Make-up

Koleksi makeup banyak? Boleh dong. Apalagi makeup telah menjadi kebutuhan dan teman setia para wanita untuk setiap acara. Agar penampilan makin sempurna, upayakan makeup masih aman dalam kemasan. Coba cek lagi tanggal kadaluarsa sebab makeup juga bisa basi.

Makeup yang telah basi dapat menyebabkan masalah kulit di wajah Anda. Seperti jerawat, ruam-ruam kemerahan, dan alergi. Jangan pula memaksakan diri memoles tata rias yang sudah lama disimpan, meski hanya sekali dipakai. Untuk beberapa jenis kemasan yang telah dibuka lalu disimpan lama, kandungan bahannya sangat rentan tercemar bakteri dan jamur.

Yuk, luangkan waktu sejenak untuk berbenah. Singkirkan makeup yang tak layak. Meja rias lebih luang dan kulit senantiasa sehat terawat.

Lipstik

Pemulas bibir sudah menjadi make up yang wajib dimiliki. Gejala seperti perubahan warna, tekstur dan tercium bau menyengat adalah tanda lipstik sudah tak sehat. Terlebih bila ketika dioleskan bibir terasa kering, pecah-pecah, dan perih. Warna pada kulit juga mudah berubah dan seperti tak menempel. Lipstik hanya awet selama dua tahun. Karenanya, sekalipun hanya beberapa kali dipakai dan masih tersisa banyak, relakan saja dibuang ketimbang bibir jadi korban.

Bedak

Baik bedak padat maupun bedak tabur juga memiliki daya tahan satu hingga dua tahun. Usahakan bedak dalam kemasan aman dari campuran bahan lain, terutama zat cair. Bedak yang terciprat air akan mudah rusak dan menyimpan jamur dalam kandungannya. Tutup kembali wadah bedak dengan rapat setelah dipakai. Ganti sesering mungkin sponge sebagai aplikator bedak jika sudah terasa lembap dan telah lama digunakan.

Foundation

Umur foundation bisa berbeda-beda. Paling lama dua tahun dan paling pendek di kisaran enam bulan. Tergantung dari masing-masing bentuknya, padat, cair, atau krim. Dengan hanya melihat, Anda akan langsung tahu foundation masih dalam kondisi baik atau tidak. Perubahan warna dan genangan air atau minyak diatasnya menjadi penanda jelas foundation harus segera dibuang. Jika masih tak yakin, coba oleskan sedikit pada permukaan tangan. Bila terasa gatal atau kemerahan, berarti Anda memang harus membeli yang baru.

Maskara

Ingat-ingat kembali apakah kemasan maskara sudah dibuka atau belum. Maskara yang sudah dibuka awet hingga enam bulan. Sedang yang belum dibuka hanya tahan hingga tiga bulan. Maskara yang sudah tidak baik menunjukkan kondisinya dengan tekstur yang mengental dan susah menempel pada bagian kuas. Baunya juga lebih tajam dan menyengat. Karena diaplikasikan ke bagian bulu mata, yang notabene dekat dengan organ vital, Anda perlu lebih waspada untuk mencegah iritasi.

Blush on dan eyeshadow

Keduanya mempunyai masa pakai yang sama, yaitu dua tahun. Gejala paling umum adalah perubahan warna yang lebih gelap atau malah lebih pudar. Jaga teksturnya agar tetap kering dan tertutup rapat. Sama seperti bedak, bila tercampur zat cair dan lembap akan menjadi sarang jamur dan bakteri. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments