04

Kenali Bahan Bakar Agar Mesin Mobil Awet Mulus

Membeli bahan bakar tidak bisa sembarangan. Bukan saja masalah harga bahan bakar yang menjadi patokan, tapi harus pas dengan tipe mobil. Tak mengenali jenis bahan bakar bakal membuat mobil cepat rusak.

Bahan bakar diklasifikasikan menjadi beberapa. Perbedaan paling mencolok adalah nilai oktan atau research octane number (RON). Yaitu pengukuran standar dari performa suatu bahan bakar. Nilai RON menunjukkan besar tekanan yang bisa ditahan sebelum habis oleh mesin secara spontan (igniting).

Semakin besar nilai RON semakin baik. Bahan bakar lebih lambat terbakar, tidak meninggalkan residu di mesin, dan tentu saja pemilik mobil jadi lebih irit. Bahan bakar dengan oktan tinggi cocok untuk kendaraan yang menggunakan kompresi tinggi pula. Bila Anda memaksakan bahan bakar beroktan rendah untuk mesin berkompresi tinggi, hasilnya mesin cepat terbakar dan rusak.

Temukan jenis yang pas dan pastikan Anda berada di jalur antrian SPBU yang benar.

Pertalite

Pertalite mulai diluncurkan oleh Pertamina akhir Juli 2015. Memiliki warna hijau terang, dengan spesifikasi kadar RON 90, dan mempunyai kandungan sulfur maksimal 500 parts per million (ppm) . Digemari oleh banyak kendaraan karena harganya yang paling murah. Selain itu, pas dengan mayoritas kendaraan berkompresi tinggi yang memadati jalanan. Gas yang dihasilkan sebagai bahan polutan di udara pun lebih sedikit.

Pertamax

Bahan bakar yang satu ini juga tak kalah tenarnya. Dibuat dengan tambahan zat aditif, yaitu ethanol untuk meningkatkan bilangan oktannya. Sehingga kandungan RON yang dimiliki berada pada angka 92. Dengan warna biru kehijauan, Pertamax sangat dianjurkan pada mesin mobil buatan setelah tahun 1990-an. Terlebih pada kendaraan yang menggunakan teknologi catalytic converters (pengubah katalitik) dan electronic fuel injection (EFI).

Pertamax sendiri pecah menjadi beberapa kelompok. Seperti Pertamax Plus yang berwarna merah dengan kandungan RON 95. Ada pula Pertamax Racing yang dijual dalam bentuk kalengan dengan harga di peringkat teratas. Umumnya merupakan sumber nutrisi bagi mobil balap, supercars, dan mobil yang sudah dimodifikasi. Dan masih banyak jenis Pertamax lainnya.

Solar

Sejak dulu solar memang selalu berjodoh dengan mesin diesel. Tapi sekarang minyak yang berwarna hitam ini telah memiliki banyak cabang. Jadi, mesin diesel bisa lebih selektif memilih untuk menjaga staminanya.

Biosolar adalah produk solar paling anyar dan paling ramah lingkungan. Diolah dari bahan yang bisa diperbarui seperti jagung, minyak sayur, lemak hewan, dan bahan nabati lainnya. Tidak beracun, lebih aman dipakai, dapat dicampur dengan jenis solar konvensional, pelumas yang baik bagi mesin, dan tidak mengandung sulfur sama sekali. Diharapkan ke depan, biosolar bisa mengurangi ketergantungan manusia terhadap bahan bakar fosil.

Jenis solar lainnya ialah Pertamina Dex. Jarang ditemui dan harganya sangat mahal. Performa dan kualitasnya sangat tinggi dengan tenaga yang dihasilkan sangat besar namun tetap hemat. Kandungan sulfur yang dihasilkan dibawah 300 ppm. Serasi bagi mesin diesel teknologi injeksi terbaru (diesel common rail system). (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments