foto6

Kejutan Sedap dalam Buah Kelapa

Ini bukan sembarang kelapa. Isi di dalam buah kelapa ini bisa disantap dengan nasi yang mengepul. Sensasinya bikin lidah jadi ketagihan.

Sepintas, tidak ada yang istimewa. Seperti degan pada umumnya yang dibersihkan pada bagian pangkalnya. Tersaji dalam piring dan tertutup. Namun, begitu tutup yang juga bagian dari buah kelapa terbuka, aroma lezat merebak. Inilah istimewanya sajian dari House of Tomyam atau Tomyam Kelapa Saung Ibu yang berlokasi di bagian depan Villa Bintaro Indah, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan.

Alih-alih berisi air kelapa yang segar, di dalam buah kelapa ini terlihat kuah kemerahan yang kental. Mengejutkan sekaligus menggoda. Tersembul pula satu batang sereh dengan bagian ujung terpotong rapi di dalam kuah kemerahan. Saat diaduk, ada potongan jamur kancing, cumi-cumi, udang, dan daging ayam di dalamnya, juga irisan daun ketumbar.

Tak sabar rasanya untuk mencicip. Lidah yang sudah siap dengan cita rasa asam tomyam yang menyengat ternyata tak mengalaminya. Tomyam ini ternyata tidak seasam tomyam khas Thailand pada umumnya yang menyengat lidah. Rasa asam tetap tertinggal, tetapi berpadu lembut dengan sentuhan pedas yang pas. Untuk ukuran tomyam, sajian ini justru terasa lebih manis, pastinya mudah diterima lidah orang Indonesia.

Tempat makan yang santai dengan hembusan angin segar.

Dengan kuah yang masih hangat, nikmatilah tomyam kelapa dengan nasi putih yang masih mengepul. Seafood di dalam tomyam seperti udang dan cumi-cumi terpilih dari bahan-bahan yang segar sehingga terjaga cita rasanya. Proses pemasakannya pun pas sehingga tiap gigitan seafood terasa empuk.

Kelapa muda yang dijadikan “mangkuk” untuk tomyam ini ternyata tidak hanya sekadar wadah. Anda pun bisa mengorek daging buah kelapa dengan garpu. Buah kelapa muda ini empuk, segar, renyah, dan gurih. Anda bisa menikmatinya usai menyantap tomyam untuk mengusir rasa ikan dan daging yang melekat di lidah.

Menu lain yang juga menggoda

Banyak orang yang mengatakan, untuk mengetahui kualitas rasa suatu restoran atau rumah makan, cicipilah nasi gorengnya. Demikian juga dengan petualangan rasa Ebin kali ini. Nasi goreng tomyam  di sini pun tidak kalah istimewa.

Nasi goreng tomyam yang bikin ketagihan

Nasi goreng tomyam House of Tomyam ternyata sangat memuaskan. Tampilannya sekilas memang mirip nasi goreng biasa. Namun begitu dicicipi, rempah yang kaya memanjakan indera pengecap. Gurih, pedas, dan sedikit sentuhan manis hadir dalam komposisi rasa yang harmonis. Tidak lebih, tidak kurang.

Sekali menyantap nasi goreng tomyam ini, sendok Anda tidak akan berhenti hingga tandas. Bumbu tomyam yang dipadukan dengan nasi goreng menghadirkan rasa baru yang bikin ketagihan. Tidak hanya sedap, Anda bisa menemukan sayuran hijau dan wortel yang diserut dalam nasi goreng ini. Cukup menjadi penawar rasa bersalah Anda. Setidaknya, ada sayuran yang kaya serat dan vitamin, bukan hanya karbohidrat yang berpotensi membuat tonjolan lemak di perut.

Selain tomyam kelapa dan nasi goreng tomyam, Anda juga bisa mencicipi mie ayam bakso kelapa, mie ayam kelapa, kwetiau tomyam, dan kwetiau kungpao. Soal harga, tidak perlu khawatir. Menu-menu di House of Tomyam sangat terjangkau.

Minuman bir pletok yang praktis dibawa dan disimpan di kulkas.

Untuk minuman, bir pletok layak dicoba. Minuman penghangat tubuh yang disajikan dingin ini terbuat dari air yang dimasak dengan gula, jahe merah, secang, kapulaga, lada hitam, cabai, kayu manis, dan sereh. Campuran bumbu “pedas” di dalamnya membuat bir pletok ini terasa lebih “menggigit” tetapi enak meskipun disajikan dalam kondisi dingin.

Dengan suasana Saung Ibu yang serba-bambu, suasana bersantap semakin nikmat. Tempat santap yang tenang dan mengandalkan angin segar alami di sekitar kawasan Jalan Sulawesi Raya membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sini. [KUL]

Alamat:

Jln. Sulawesi Raya no. 19 Jombang (area parkir lapangan tennis Villa, Bintaro Indah), Tangerang, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan.

Jam buka: 10.00-22.00 WIB

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments