12

Kapan Dana Darurat Boleh Dipakai?

Dana darurat ibarat penolong dadakan. Simpanan khusus yang bisa digunakan kapanpun dibutuhkan. Bila tak ada, barangkali kondisi kritis yang menimpa kita bisa makin akut. Baru boleh dibongkar atau diotak-atik dalam kondisi tertentu saja.

Meski berupa tabungan, tetapi sifatnya berbeda dengan asuransi atau investasi. Dana darurat harus memiliki karakter mudah diakses, likuid, dan aman. Mudah dicairkan atau diuangkan dalam keadaan mendesak sekalipun. Seperti tabungan di rekening yang bisa diambil lewat ATM. Sedangkan dana darurat berupa properti atau tanah akan sulit dicairkan menjadi dana tunai, sehingga tidak memberi jawaban pada masalah yang membutuhkan pertolongan cepat.

Untuk nilainya tergantung dari keputusan masing-masing keluarga. Namun idealnya, tiga kali pengeluaran sebulan untuk per orang. Jadi, Anda tinggal melipatgandakan sesuai jumlah anggota keluarga yang ditanggung. Besarannya pun jangan sampai memberatkan agar tidak menekan kebutuhan sehari-hari yang lebih utama. Di sisi lain, tetap disiplin diri agar dana darurat tak dijamah dengan sembarangan.

Kondisi berikut baru memungkinkan Anda untuk menyentuhnya.

Tiada pemasukan

Kehilangan pekerjaan, mendapat pemutusan kerja sepihak, dipecat dan lain-lain adalah kata lain dari tiada pemasukan. Mau tak mau Anda harus merogoh tabungan agar kebutuhan rumah tangga tetap aman tercukupi. Dana darurat pun mulai dibuka dan berangsur-angsur menipis. Untuk mengembalikan jumlahnya ke semula, tak ada cara lain selain menemukan sumber pemasukan baru dan berhemat sedemikian rupa.

Pasca sakit

Saat sakit mungkin Anda dan keluarga sudah terjamin oleh asuransi. Tetapi tidak saat proses pemulihan. Otomatis Anda membutuhkan biaya recovery yang kadang tidak murah. Untuk itulah dana darurat sangat terasa fungsinya.

Membantu orang tua atau keluarga

Mungkin bukan Anda yang menikmati, tapi orang lain yang membutuhkan dana darurat. Seperti tiba-tiba orang tua yang sakit dan harus segera dioperasi, saudara yang mengalami kecelakaan, menutup biaya pengobatan anak teman, atau kondisi-kondisi lainnya yang membutuhkan segera uluran tangan Anda.

Merawat kerusakan properti

Kerusakan tak terduga sering tidak masuk dalam daftar pengeluaran. Misalnya atap rumah bocor, pipa air berlubang, mobil mogok, motor harus ganti ban, mesin air mati, dan lain-lain sering terjadi pada kita. Karena tak tertutup oleh dana bulanan, maka dana darurat bisa dibongkar.

Tagihan mendadak

Dana darurat juga mempunyai peran lain, untuk membayar tagihan mendadak. Siapa sangka utang yang harusnya bisa dilunasi tahun depan, nyatanya mesti lunas saat ini juga. Atau tagihan obat dan invoice rawat jalan di luar tanggungan asuransi yang harus dibayar sendiri. Cicilan KPR yang naik drastis akibat perubahan suku bunga, juga bisa Anda atasi dengan dana darurat.

Kebutuhan sekolah tak terduga

Bukan hanya SPP, kadang sekolah anak meminta biaya lain. Biaya akodomasi karena anak ikut lomba di luar kota, biaya pengadaan bahan-bahan kesenian, dan sebagainya. Mendesak dan lebih baik segera disetor ketimbang kebutuhan anak di sekolah jadi terganggu. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments