15

Kamar Tidur Ideal Menurut Feng Shui

Di tahun baru lunar ini tak ada salahnya berbenah interior rumah. Terutama kamar tidur sebagai tempat istirahat sehari-hari. Karena di tempat inilah Anda akan mengisi kembali “baterai“ Anda. Dekorasi dan posisi yang pas dipercaya membawa untung, menurut feng shui.

Menurut beberapa penelitian, prinsip feng shui terbukti ada benarnya. Lingkungan yang berada di sekitar amat berpengaruh terhadap perilaku kita. Selaras dengan ajaran feng shui, untuk memperoleh energi chi (Qi). Chi ini amatlah penting untuk keseimbangan hidup. Energi yang menghubungkan segala sesuatu yang membentuk alam semesta dan makhluk hidup di dalamnya. Banyak orang percaya, dengan menerapkan prinsip feng shui akan mendatangkan kesehatan dan ketenangan hidup.

Tak ada salahnya mencoba. Siapa tahu tidur Anda lebih nyenyak, sehingga Anda bangun dengan tubuh segar.

Ranjang dan kasur

Pilih ranjang yang terbuat dari kayu, dengan bagian sandaran kepala bersifat keras. Imbangi dengan kasur yang empuk dan memanjakan punggung. Unsur lembut dan keras menggambarkan tingkatan untuk memulihkan kembali tenaga yang tersisa.

Ukur ketinggian antara ranjang dan lantai. Beri jarak yang pas untuk menyeimbangkan aliran energi. Agar energi mempunyai sirkulasi yang baik ke tubuh Anda, hindari meletakkan barang-barang di bawah kolong tempat tidur. Hindari pula posisi tempat tidur yang langsung menghadap pintu. Sebab tidak akan terlalu banyak chi yang mengalir ke arah ranjang.

Usahakan kepala ranjang menempel pada dinding. Otomatis kepala Anda pun harus mendekati kepala ranjang. Bila menjauh apalagi memilih tidur di dekat jendela, energi dalam tubuh Anda akan melemah.

Minimalisir alat elektronik

Ruang tidur dan kerja mesti terpisah. Keluarkan alat-alat elektronik sejauh yang Anda bisa. Seperti televisi, komputer, dan radio. Kecuali ponsel, sebab sekarang sudah menjadi kebutuhan utama, pikirkan letak yang pas dan cukup jauh dari tempat tidur. Tetap aman, Anda pun mudah meraih ponsel bila mendesak.

Hindari energi negatif

Energi negatif bisa datang dari banyak barang dan posisi yang tidak tepat. Sebut saja cermin yang menghadap langsung ke ranjang, meletakkan lampu gantung tepat di atas kasur, ranjang yang tersorot langsung sinar matahari, membiarkan tanaman hidup dan berkembang di dalam kamar, ada barang atau gambar air, dan kamar berantakan.

Komposisi warna

Tiap warna mempunyai unsur yang melambangkan sesuatu. Warna berunsur api untuk menciptakan energi dan semangat. Warna dengan unsur tanah, untuk pemeliharaan dan kestabilan. Warna berunsur logam guna kemurnian dan ketepatan. Masukkan warna pastel untuk menambah kedamaian dan ketenangan di kamar tidur Anda.

Perhitungan lainnya

Masih ada lagi yang bisa diperhitungkan untuk mendapatkan kamar yang sehat menurut fengshui. Tutup pintu lemari di malam hari. Gunakan kompas untuk mengetahui arah yang benar. Karena tiap arah juga mempunyai makna tersendiri. Pasang gambar yang insipiratif untuk menggugah imajinasi. Terakhir, tetap perhatikan kebersihan dan kerapian kamar Anda agar senantiasa nyaman. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments