13

Jurusan Idaman di Masa Depan

Karier di masa depan erat kaitannya dengan jurusan di pendidikan tinggi. Tak bisa asal mengambil keputusan saat memasuki dunia kampus. Karena itu, cermati baik-baik jurusan apa saja yang lulusannya menjadi idola di masa depan.

Bukan membanding-bandingkan, memang tiap jurusan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun industri dan teknologi yang berkembang pesat, membutuhkan lulusan-lulusan dengan spesifikasi tertentu. Ini berarti, bila salah memilih jurusan, Anda bisa-bisa kalah berkompetisi di dunia kerja.

Tak perlu pesimis dengan masa depan. Siapa tahu jurusan-jurusan ini sudah Anda incar.

Ilmu komputer dan sistem informasi

Teknologi hampir tak ada matinya. Rasa-rasanya kemajuannya tergantung dari mereka yang mahir di bidang ilmu komputer, sistem infomasi, dan sejenisnya. Tak heran, jurusan-jurusan tersebut mudah tertampung di berbagai perusahaan. Dengan upah besar dan fasilitas yang menarik. Bila ingin lebih unggul, kuasai pula ilmu cyber crime. Kemampuan khusus yang saat ini sangat dibutuhkan untuk memberantas kriminalitas di dunia maya.

Kesehatan, farmasi, dan ahli gizi

Kesadaran hidup sehat terus jadi tuntutan. Mungkin penyakit di masa depan tak mempan lagi dengan obat-obatan saat ini. Perlu inovasi dan kreasi agar masyarakat dan lingkungan sehat senantiasa. Untuk itulah, apabila mumpuni, pilih jurusan kedokteran, farmasi, ahli gizi atau bidang yang aktif menekuni kesehatan.

Ekonomi, bisnis, dan akuntasi

Sukses sering diidentikkan mereka yang menguasai perekonomian. Wajar memang, sebab selain menguasai, alumni ekonomi dan bisnis turut mengendalikan laju, baik ekonomi berskala besar maupun kecil. Namun lulusan fakultas ekonomi sudah sangat banyak. Pikirkan untuk memilih jurusan finance atau keuangan. Karena orang yang menguasai keuangan akan dibutuhkan di segala industri. Kehadiran lulusan jurusan-jurusan tersebut sangat dibutuhkan dan kerap berperan sebagai penyelamat mati hidupnya suatu usaha. Agar karier makin mengilap pikirkan untuk menekuni bidang financial technology. Ke depan, dunia ekonomi ikut berubah seiring berkembangnya teknologi digital.

Teknik

Bukan hanya teknik mesin dan elektronika, mungkin keseluruhan jurusan yang tergabung di fakultas teknik tetap dibutuhkan sepanjang masa. Mulai dari teknik lingkungan, teknik perencanaan, teknik pertambangan, teknik kelautan, dan teknologi pangan. Kadang belum diwisuda pun, lamaran dari perusahaan sudah lebih dulu datang. Tak tanggung-tanggung, gaji awalnya sudah santer terkenal di angka besar. Jadi tak perlu ragu bila ingin menulis jurusan ini di formulir pendaftaran.

Desain dan kesenian

Sempat dianggap sepele, nyatanya mereka yang menggeluti dunia seni juga tak kalah sukses. Sentuhan tangan dan ide-ide kreativitas dibutuhkan hampir di segala acara. Sebuah ide yang kreatif bisa dihargai sangat mahal. Agar tak tenggelam, bekali pula dengan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital.

Pendidikan

Guru bukan lagi pekerjaan dengan upah rendah. Kebutuhan pendidikan yang berkualitas makin mengangkat derajat guru yang dulu dipandang remeh. Bila tertarik dengan edukasi, kesempatan emas bagi Anda. Tak terbatas menjadi pengajar, tapi Anda juga bisa menjajal sebagai konsultan pendidikan atau pengurus sekolah. Di mana sama-sama berkontribusi untuk kemajuan pendidikan, yang jasanya tak pernah lekang oleh zaman. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments