25

Jurus Jitu Usir Ular yang Masuk Rumah

Ular adalah tamu yang bisa datang meski tak diundang. Apalagi beberapa cluster di kawasan Bintaro dulunya adalah rawa, sehingga kemungkinan munculnya ular di rumah sangat besar. Butuh perlakuan khusus dalam menjamu kedatangannya. Ambil sikap agar tidak menyinggungnya, apalagi sampai menimbulkan bahaya.

Tentu ular mempunyai maksud tertentu mendatangi sebuah rumah. Lapar menjadi kemungkinan terbesar. Bisa pula berniat memangsa tikus yang bersarang di rumah, tertarik bau tertentu, serta menjajaki rumah Anda sebagai tempat menginap. Musim hujan dengan intensitas yang sering memengaruhi kondisi tanah menjadi basah, membuat binatang yang tinggal di dalamnya tidak betah, termasuk binatang melata ini.

Namun, perlu diingat, ular sejatinya tidak pernah datang ke rumah sengaja untuk menyakiti penghuninya. Ular justru sengaja menjauhi jalan utama tempat manusia biasa berlalu lalang. Memilih untuk tidak bertatap muka dan baru menunjukkan perlawanan bila terpaksa atau diganggu.

Ambil sikap yang pantas saat mengetahui ular sudah di dalam rumah.

Tetap tenang

Mendapati ular di dalam rumah tentu campur aduk rasanya. Terlebih bila wajahnya sudah tidak ramah. Tapi kuasai perasaan dan kontrol emosi Anda. Terkejut dan panik berlebihan hanya akan membuat segalanya tidak terkendali. Bahkan suara-suara teriakan yang mungkin Anda keluarkan akan membuat ular bingung, berputar-putar, dan akhirnya mulai bersikap menantang sebab teriakan dianggap sebagai serangan. Jadi, jernihkan pikiran.

Gunakan alas kaki

Jangan sekali-kali mendatanginya dengan bertelanjang kaki. Sekali melihatnya langsung kenakan alas kaki yang tertutup seperti sepatu, atau minimal sandal yang tertutup di beberapa sisi. Mendekati ular tanpa pengaman kaki sama saja membahayakan diri sendiri. Entah itu ular jenis kobra, python, atau ular berukuran kecil yang tak berbisa.

Zat kimiawi

Ular tidak menyukai aroma wangi yang muncul dari bahan kimiawi. Manfaatkan kesempatan ini sebagai usiran yang halus. Ambil pewangi ruangan, parfum, atau semprotan serangga yang sering mengandung bau wangi kuat. Semprotkan langsung ke arahnya atau ruangan tempat dia berada. Bau wangi jadi kuat, udara yang diisapnya jadi pekat. Pasti ular akan buru-buru keluar dari rumah Anda.

Sapu ijuk

Garam yang selama ini dipercaya mampu mengusir ular adalah mitos. Garam memang bisa meleleh, namun lelehan cairan garam tidak berpengaruh apa-apa terhadap permukaan tubuh ular. Kulit ular yang lembut justru sensitif terhadap benda dengan tekstur keras. Salah satunya sapu ijuk yang banyak digunakan menyapu halaman atau membersihkan kasur. Bersentuhan sedikit saja, ular langsung merasa tersakiti dan memilih segera pergi. Atau Anda bisa pula mengambil sapu biasa untuk lantai rumah yang seratnya tak kalah kasar.

Keluar rumah dan minta bantuan

Tak perlu memaksakan diri untuk menjamu ular sendirian. Segera keluar rumah dan minta bantuan. Beberapa jenis ular seperti kobra lebih ganas dan sulit dijinakkan. Lilitan ular piton pun sulit dilepaskan. Maka, segera cari bantuan pada orang-orang terdekat. Tetapi lebih baik lagi orang yang memang kompeten menangani ular. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments