05 ok

Jenis Dana Pendidikan yang Bisa Dipersiapkan Orang Tua

Biaya sekolah yang mahal tidak lagi menjadi batu sandungan. Asal orang tua jauh-jauh hari sudah menyiapkan dana pendidikan. Ada banyak jenisnya, sesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing.

Dalam mempersiapkan tabungan pendidikan, orang tua perlu menimbang beberapa hal. Antara lain kenaikan biaya masuk sekolah nanti yang berkaitan erat dengan kenaikan inflasi. Di samping menyeimbangkan dengan pengeluaran yang lain agar keuangan rumah tangga tetap sehat. Perhitungkan pula minat atau jurusan yang dikehendaki oleh anak, agar dana yang disiapkan bisa mencukupi.

Banyak pilihan, silahkan tentukan dari sekarang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tabungan pendidikan

Membuka rekening khusus untuk dana pendidikan menjadi favorit keluarga. Beberapa bank sudah menetapkan angka tetap yang harus disetor tiap bulan, tapi ada pula yang tentatif. Bila tabungan pendidikan dibuat turunan dari rekening utama Anda, umumnya menggunakan sistem auto-debit. Di mana tiap bulan akan langsung menyedot nominal sesuai ketentuan. Jika tak suka, Anda bisa memilih rekening dengan opsi setor biasa saja. Namun  harus tetap disiplin agar dana dapat terkumpul sesuai harapan.

Sebagai informasi tambahan, dana pendidikan rata-rata lengkap dengan asuransi jiwa. Andaikan orang tua meninggal dan terjadi tunggakan, maka bank akan langsung melunasi cicilan yang belum lunas.

Deposito

Deposito juga tak kalah menariknya untuk menghimpun dana pendidikan. Beberapa pilihan waktu penarikan bisa disesuaikan dengan masa pendaftaran kelak. Selain itu, deposito juga memberikan bunga yang lebih tinggi dari tabungan, yang tentunya lebih menguntungkan pemilik rekening.

Asuransi pendidikan

Tak jauh beda dengan tabungan pendidikan, asuransi pendidikan menerapkan premi yang mesti dibayar tiap bulan. Bedanya, asuransi pendidikan tidak menggandeng asuransi jiwa menjadi satu. Sehingga tidak ada jaminan bila kelak terjadi masalah yang menimpa orang tua. Jumlah dana yang telah lunas juga tidak dapat ditarik sebelum masa kontrak selesai atau jatuh tempo. Pun jika ada permintaan khusus agar dana segera dicairkan, potongan bunga yang berlaku bisa besar dan mesti melewati proses administrasi yang cukup rumit.

Reksadana

Menyimpan dana pendidikan juga bisa ditempuh lewat jalur reksadana. Investasi dengan risiko ringan, tidak terlalu banyak aturan mengikat, dan jumlah nominal yang disimpan tergantung Anda sepenuhnya. Dengan uang Rp 100 ribu, Anda sudah bisa disebut investor reksadana. Tak repot dan keuntungan bisa didapat tiap bulan. Manfaat lainnya, dana yang terhimpun bisa diambil kapan saja dengan proses pencairan yang mudah.

Logam mulia

Menabung untuk sekolah anak juga bisa dalam bentuk logam mulia. Baik dikoleksi berupa perhiasaan atau menitipkan di lembaga keuangan berupa emas batangan. Mudah dibawa karena benda bergerak, cepat laku dijual, dan tidak terpengaruh inflasi. Sehingga harga jualnya mengikuti harga yang berlaku saat itu dan relatif stabil. Sewaktu-waktu dapat menyelesaikan dana pendidikan yang mesti segera ditutupi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments