24

Jenis Air yang Bisa Diolah Alat Filter

Alat filter air makin digemari. Memastikan air lebih sehat dikonsumsi. Relatif lebih hemat daripada harus membeli air galon. Namun air jenis apa saja yang bisa diolah olehnya?

Tentu tidak semuanya. Ada beberapa jenis air yang tidak memungkinkan melewati proses penjernihan. Alasannya, kandungan zat kimia berbahaya di dalam air terlalu tinggi. Ditambah  ketidaksanggupan alat filter untuk menyaring. Bila dipaksa, reaksi penjernihan malah melambat dan akhirnya merusak alat secara keseluruhan.

Sebut saja air yang berada di lokasi pertambangan. Belum tentu air bisa dipastikan aman walau sudah melewati prosedur alat filter dengan benar. Begitu pula dengan air yang sudah terkontaminasi oleh berbagai polusi seperti di area pemukiman kota. Atau air gambut yang sudah dipastikan tidak dapat disaring oleh alat filter sama sekali.

Bantu alat filter yang Anda punya agar bisa optimal kerjanya. Caranya dengan tidak sembarangan memasukkan cairan. Sesuaikan dengan lokasi di mana Anda tinggal. Semakin sedikit zat berbahaya, semakin ringan daya kerja alatnya. Selain mematuhi aturan yang diberlakukan oleh produsen alat filter.

Bila terbukti maksimal, air siap diminum tanpa perlu proses memasak lagi. Bebas dari bakteri, zat besi, mangan, kekeruhan, dan zat lain yang tak aman bagi tubuh.

Air tanah

Sebutan lain dari air tanah ialah air sumur. Sumber air yang masih menjadi idola banyak rumah tangga. Baik yang diusahakan dengan penggalian tradisional maupun sumur bor atau artesis. Amat aman diolah alat filter dan langsung ditegak oleh anggota keluarga. Syaratnya, pastikan kondisi air sumur sehat dan tidak terkontaminasi oleh bakteri atau bahan kimia tertentu.

Air hujan

Air hujan juga diterima baik oleh alat filter. Anda bisa menampungnya dalam wadah besar, lalu menyerahkan proses selanjutnya pada filter. Tunggu sampai selesai, dan air hujan siap dikonsumsi kapan saja. Walau dari penelitian air hujan mengandung zat asam, namun sejauh ini masih bisa diatasi oleh alat filter yang satu ini.

Air kapur

Air berkapur tidak membahayakan kesehatan dan layak diolah. Bahkan WHO menyatakan kandungan kalsium dalam air kapur akan terserap alami oleh tubuh. Namun pastikan dalam kadar yang minimal agar tetap menyehatkan. Sama seperti kalsium dalam susu guna perbaikan kondisi tulang dan mengatasi osteoporosis. Untuk itu, menjadi tugas alat filter memastikan kadar kapur tidak berlebihan masuk ke dalam tubuh.

Air sungai

Sungai memang termasuk kategori sumber kehidupan. Namun harus diakui kondisi sungai dewasa ini sudah terjamah oleh berbagai larutan dan aneka bakteri berbahaya. Mungkin hanya di beberapa daerah saja, misalnya pegunungan, yang sungainya masih dinyatakan sehat. Pastikan dengan seksama sebelum Anda benar-benar memilih air sungai sebagai air konsumsi sehari-hari.

Air PDAM

Alat filter juga dianjurkan untuk air PAM. Membasmi tuntas kuman dan bakteri yang terkadang masih tersisa. Apalagi umumnya pipa penyaluran tidak mendapat pembersihan secara berkala. Hadirnya alat filter makin menjamin kualitas air di rumah Anda. (LAF) 

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments