19

Jangan Asal Menanam Bulu Mata

Menyambung bulu mata membuat organ visual makin menarik. Bulu mata tampak lentik, tebal, dan enak dilihat. Tiap hari juga tak disibukkan dengan pasang bulu mata palsu atau maskara. Hemat waktu dan tenaga. Meski demikian, menanam bulu mata tetap harus aman dan sehat.

Memang benar, tak semua kegiatan menanam bulu berujung masalah kesehatan mata. Namun, menelusuri sebanyak mungkin informasi lebih baik, ketimbang harus menanggung risiko di kemudian hari. Terlebih tindakan ini dilakukan di area vital, yakni kelopak mata. Sedikit saja kesalahan tentu akan sangat membahayakan.

Bila Anda tertarik dan ingin mendapatkan hasil terbaik, temukan salon yang berlisensi dengan tenaga yang kompeten. Disamping itu, Anda perlu  mengetahui beberapa informasi berikut ini.

Bahan bulu

Bukan berasal dari rambut manusia, bulu yang dipasang merupakan serat sintesis (nilon), sutera, dan bulu hewan. Panjangnya berkisar antara 6 hingga 17 mm. Tergantung kebutuhan dan penampilan yang ingin diciptakan. Disinyalir, bulu mata yang berasal usul dari bulu hewan mempunyai kualitas paling baik. Sebab bobotnya paling ringan dan tidak memberikan tekanan ekstra pada bulu mata yang asli.

Proses yang mesti dilalui

Memerlukan waktu dua jam untuk menyelesaikan semua proses. Tiap kelopak mata akan mendapat jatah antara 40 sampai 100 bulu tambahan. Teknisi akan mengambil pinset panjang berukuran runcing untuk mengambil bulu satu persatu ke dalam satu tetes lem. Kemudian meletakkannya dengan memilah bulu mata asli. Untuk kesan yang alami, panjang bulu mata yang ditanam bisa tak sama.

Tanaman bulu ini bersifat sementara. Umurnya hanya mencapai beberapa minggu atau paling lama dua bulan. Bulu mata akan rontok dengan sendirinya mengikuti masa jatuh bulu mata yang asli. Tapi jangan kaget dulu, Anda akan tetap memiliki 50% bulu mata yang ditanam setelah 30 hari. Untuk itu, touch up dibutuhkan untuk penanaman kembali, setidaknya sebulan sekali.

Larangan keras

Maskara memang tak dibutuhkan lagi, malah harus dijauhi. Termasuk menjauhkan bulu mata dari minyak atau kotoran yang sering hinggap. Penggunaan eyeliner dan eyeshadow pun mesti hati-hati. Untuk membersihkan gunakan cotton bud atau bahan yang lembut. Begitu pula saat mata terasa gatal atau perih. Jangan digaruk berlebihan. Gesekan dan tekanan yang kuat akan merangsang bulu tak kerasan diam di tempatnya.

Efek samping

Ada efek samping yang paling jamak dikeluhkan oleh pelanggan tanam bulu mata. Yakni mengalami alergi yang dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan lem yang tidak aman. Ditambah pemasangan yang salah membuat lem jadi luntur dan akhirnya masuk ke mata. Bagian yang sering merasakan adalah kornea. Dalam kasus yang parah, tanam bulu mata justru memicu bulu mata asli rontok semua.

Mata harus sehat

Mata yang sedang sakit tak cocok menjalani tanam bulu mata. Terutama yang sedang mengidap Blepharitis dan Ocular Rosarea. Bila dipaksa akan meningkatkan risiko. Maka, tanam bulu mata hanya ketika mata dalam kondisi prima. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments