20

Inspirasi Wisata Kala Puasa

Mengisi puasa dengan wisata sah-sah aja. Dapat dilakukan sepanjang hari hingga menjelang waktu berbuka. Bukan sekadar mengunjungi, tempat-tempat berikut ini bisa Anda jadikan inspirasi.

Tentu ada bedanya berwisata saat puasa dibanding hari-hari biasa. Dari segi lokasi mungkin bisa dikunjungi kapan saja. Tetapi upayakan tempat yang tidak membutuhkan banyak energi dan waktu. Sehingga Anda tidak dibuat capek dan lesu. Apalagi setelah berwisata sampai jatuh sakit dan puasa jadi berat rasanya.

Maka dari itu, bekali diri agar wisata aman terkendali. Saat sahur, Anda dapat menyantap hidangan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Pastikan tubuh punya tabungan cairan yang cukup dari rumah. Sehingga tidak ada alasan lagi, wisata membuat dehidrasi.

Siapkan bekal lain yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya alat-alat ibadah, makanan dan minuman secukupnya untuk cadangan. Disamping tidak membuang-buang energi. Alias ambil jeda sejenak untuk duduk beristirahat di tengah waktu berwisata.

Jalani dengan ceria. Pilih tempat yang tepat. Syukur-syukur bila bisa menambah ilmu dan pahala selama menjalani ibadah puasa.

Masjid

Banyak sekali masjid yang sangat menarik untuk di kunjungi. Seperti masjid Menara Kudus, masjid Demak, masjid Sunda Kelapa, dan masjid Istiqlal karena alasan historisnya. Sedang masjid dengan arsitektur modern seperti Masjid Akbar di Semarang juga tak kalah apiknya.

Ziarah tokoh muslim

Destinasi selanjutnya dan cukup populer selama wisata adalah mengunjungi makam tokoh-tokoh muslim. Di sana Anda bisa mempelajari kembali penyebaran agama Islam dan ikut larut mendalami ajaran-ajarannya. Contohnya saja, makam Wali Sanga di beberapa titik kota pulau Jawa, makam para ulama, dan makam Gus Dur yang amat ramai dikunjungi peziarah tiap harinya.

Museum

Museum sekarang bukan lagi tempat yang membosankan. Anda bisa menghabiskan waktu seharian di sana untuk menyelami banyak hal. Dari museum yang memajang fosil-fosil binatang purba, museum warisan budaya, serta museum unik macam Museum Kata di Belitung. Bila di rasa tak membuat capai, Anda dan keluarga bisa bertandang ke Museum Angkut di Kota Batu. Museum modern yang telah beberapa kali menyabet gelar sebagai musem terbaik di negeri ini.

Perpustakaan

Begitu pula dengan perpustakaan. Suguhan berbagai literatur akan menemani kegiatan puasa. Perpustakan saat ini telah banyak berbenah dan tampil menarik untuk pengunjungnya. Sebut saja, Perpustakaan Nasional yang dilengkapi aneka fasilitas.

Taman

Saat cuaca mendukung, tidak ada salahnya datang ke taman. Wisata murah yang kerap dilakukan orang tua untuk membuat anak-anaknya lupa sedang berpuasa. Sebab taman menawarkan pemandangan yang menyejukkan hati. Bangku-bangku yang ditata rapi seolah siap menampung Anda sekeluarga bercengkerama sambil menanti waktu berbuka tiba.

Pusat takjil

Jangan sampai Anda melewatkan pusat-pusat takjil yang sengaja memunculkan diri khusus di bulan puasa. Ada yang telah ramai dari siang, namun ada pula yang baru buka di sore hari. Selain berwisata, keuntungan lainnya yakni pulang dengan membawa tentengan yang memuaskan. Jajanan tradisional yang langka ditemukan sampai makanan modern tersedia. Acara berbuka pun lebih berwarna. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments