12

Hewan Peliharaan Aman Ditinggal Mudik

Lebaran di kampung halaman tak hanya harus meninggalkan rumah, tetapi juga hewan peliharaan. Kesayangan yang tak mungkin dibawa karena perjalanan yang panjang dan bakal merepotkan. Tak mungkin pula meninggalkannya sendirian.

Walau hewan terkenal bisa menghidupi dirinya sendiri, namun tetap berbahaya membiarkannya sendiri. Binatang peliharaan tetap membutuhkan penjagaan dan perawatan layaknya anak sendiri. Tidak terbatas jenisnya apa. Entah unggas seperti burung dan ayam, kucing, anjing, kelinci, dan lainnya. Urusan memberi makan, minum, buang hajat harus dipastikan terurus dengan aman. Terlebih untuk hewan-hewan yang membutuhkan penanganan secara khusus dan tak bisa sembarangan.

Membiarkannya sendiri juga rawan hilang atau diambil orang tak dikenal. Jika sampai raib, menemukan keberadaannya bakal lebih susah. Bakal menjadi pengalaman menyedihkan sepulang dari Lebaran. Belum tentu Anda akan mendapat pengganti dengan karakter yang sama seperti sebelumnya.

Maka, mau tak mau jangan sampai meninggalkan hewan peliharaan menjaga rumah sendiri. Dan sebelum Anda memulai perjalanan mudik, siapkan beberapa langkah berikut ini.

Mencari pengasuh

Temukan pengasuh khusus yang mau menemani hewan kesayangan Anda. Minimal dalam sehari dia bersedia menengok untuk memberi makan dan membersihkan kotoran. Alternatif jitu saat pengasuh tidak bisa menjaga selama sehari penuh. Namun tentunya menemukan pengasuh hewan yang bisa mengawasi 24 jam akan lebih baik lagi.

Informasikan pada pengasuh tentang kebiasaan. Misalnya jam makan, jenis permainan yang disukai, dan waktu jalan-jalan keluar rumah. Sediakan pula jatah makan yang cukup selama ditinggal pergi agar pengasuh tidak kerepotan membeli.

Pet hotel

Pet hotel menjadi jawaban saat tidak ada orang yang bisa menjaga hewan peliharaan. Tempat yang bisa diandalkan dan tak perlu lagi ada rasa kekhawatiran. Bahkan terkadang, perawatan yang diberikan lebih ekstra dari penjagaan yang biasanya kita lakukan. Bukan saja lebih rileks, namun juga sehat. Kesempatan langka untuk bertemu dengan hewan-hewan dengan nasib yang sama. Berkumpul bersama karena ditinggal tuannya pergi lama.

Bila sampai terdeteksi sakit, pihak hotel akan langsung memberikan penanganan. Menggaransi hewan kesayangan kembali ke pangkuan Anda dalam kondisi prima.

Kebutuhannya tetap terpenuhi selama ditinggal pergi

Berada dalam pengawasan pengasuh pribadi atau di bawah naungan hotel binatang, penting untuk memastikan segala sesuatu yang dibutuhkan terjamin aman. Menyangkut makanan hingga kebutuhan bersosial. Jangan sampai ada yang terlewat bila tidak ingin si kesayangan menderita secara fisik maupun batin. Oleh karena itu, gali informasi sedalam-dalamnya pelayanan apa saja yang tersedia. Disamping Anda melengkapi dengan data yang mendalam tentang pribadi hewan itu sendiri. Jadi Anda dan pet keeper sama-sama saling memahami.

Dalam kondisi sehat

Lalu pastikan juga hewan peliharaan dalam kondisi yang prima. Bila tak yakin, Anda bisa membawanya ke klinik dokter hewan dan memperoleh kepastian. Jika memang terdapat penyakit, solusi akan lebih mudah ditentukan dengan segera. Sehingga saat Lebaran telah usai, Anda dapat berkumpul kembali penuh sukacita. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments