2209

Flek Hitam? Tangani dengan Masker Alami

Ketika memasuki usia 30-an atau 40-an, kadang pada wajah mulai terlihat flek hitam. Flek hitam tersebut umumnya muncul karena kemampuan kulit untuk mereproduksi sel-sel kulit baru tidak lagi sebaik dulu, ketika Anda masih berumur 20-an. Namun jangan langsung baper, ada cara alami untuk mengatasinya.

Tak perlu jauh-jauh, tengok bahan-bahan masakan yang ada di dapur atau kulkas. Siapa tahu, salah satu dari bahan-bahan tersebut bisa Anda gunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan flek pada wajah. Cara perawatannya pun tak sulit. Anda bisa mengolah bahan-bahan berikut ini menjadi masker wajah. Tinggal aplikasikan pada wajah dan lakukan secara rutin. Niscaya, flek hitam pun bisa memudar.

Pepaya

Tidak hanya bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, pepaya juga baik untuk perawatan kulit wajah. Bila ditilik, dalam pepaya ada kandungan enzim papain yang bisa membantu pengelupasan sel kulit mati dan bisa mencerahkan kulit wajah.

Untuk mengolah menjadi masker pun hanya tinggal menghaluskan bagian buah pepaya. Oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa saat, atau sekitar 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Selain memudarkan flek hitam, pepaya dapat membantu mencerahkan wajah.

Tomat

Tak kalah dengan pepaya, tomat pun memiliki segudang manfaat. Kandungan vitamin C dan beta karoten yang tinggi membuat buah ini mempunyai fungsi membantu mencerahkan wajah serta memudarkan flek hitam. Cara pemakaiannya mirip dengan pepaya, yaitu buah tomat dihaluskan dan dioleskan ke wajah layaknya masker. Diamkan selama beberapa saat, kemudian dibilas bersih.

Bengkoang dan mentimun

Telah dipercaya turun temurun, bengkoang dapat membantu mencerahkan kulit. Sementara itu, mentimun mampu memberikan kelembapan tambahan alami pada kulit. Campurkan kedua bahan ini dan fungsikan sebagai masker. Manfaatnya tidak hanya sekadar membantu mengurangi flek hitam, tetapi juga membantu wajah tampak lebih segar dan kenyal.

Lidah buaya

Selain memberikan kelembapan alami pada kulit dan membantu menangani luka bakar, lidah buaya juga dapat membantu mengurangi timbulnya flek hitam. Ambil  daging daun lidah buaya dan oleskan pada wajah. Diamkan sekitar setengah jam, lalu bilas hingga bersih. Perawatan rutin dengan lidah buaya juga akan membantu mencegah timbulnya flek hitam baru serta membuat kulit tampak lebih kenyal.

Madu

Tak perlu ragu dengan khasiat madu. Salah satunya, dalam hal penanganan flek hitam. Anda hanya perlu menjadikan madu sebagai masker wajah. Caranya, pilih madu alami, oleskan madu alami pada kulit yang mengalami flek hitam. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. Tidak hanya flek hitam memudar, perawatan wajah dengan madu juga membuat kulit tampak lebih segar, lembut, dan kenyal. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments